KNPI Long Iram Dorong Pembangunan Tugu Khatulistiwa

KNPI Long Iram Dorong Pembangunan Tugu Khatulistiwa

Kubar, nomorsatukaltim.com – Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) akan mengajukan proposal ke Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam proposal itu, KNPI memohon Tugu Khatulistiwa agar dibangun di Kampung Long Iram Kota.

Long Iram merupakan salah satu kecamatan tertua di Kabupaten Kubar. Wilayah itu tepat dilintasi garis khatulistiwa bumi.

“Sebenarnya usulan sudah disampaikan langsung ke Gubernur Kaltim, Awang Faroek (saat itu) oleh KNPI Long Iram,” terang Wakil Ketua KNPI Bidang Pendidikan Kecamatan Long Iram, Rahmani kepada nomorsatukaltim.com, Senin (19/10/2020).

Bahkan, atas arahan Bupati Kubar, pemerintah provinsi diminta membangun Tugu Khatulistiwa di lokasi nol derajat, tetpatnya di Jalan dr. Soewondo, RT 04, Kampung Long Iram Kota.

“Setelah dibangun oleh Pemprov Kaltim, selanjutnya dihibahkan ke kabupaten,” jelas Rahmani.

Usulan sejak 2015 itu hingga kini belum direalisasikan. Inisiatif KNPI Long Iram, proposal akan diajukan kembali tahun depan.

“Proposal ke provinsi segera diajukan. Dengan memohon bantuan sejumlah anggota DPRD Kaltim asal Kubar,” bebernya.

“Beberapa waktu lalu, kami sudah pernah berbincang dengan Gubernur Kaltim, Bapak H Isran Noor. Terkait rencana pembangunan Tugu Khatulistiwa ini,” tukasnya.

Masyarakat Kecamatan Long Iram berharap pemerintah merealisasikan harapan itu. Yakni membangun tugu khatulistiwa yang sama seperti di Kota Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat.

“Long Iram kota tua, kota sejarah. Bukti Tugu Khatulistiwa yang dibangun Belanda pada tahun 1898 masih ada sampai saat ini,” kata Rahmani.

“Harapan masyarakat tersebut akan diperjuangkan oleh KNPI Kecamatan Long Iram. Sehingga nanti berdiri Tugu Khatulistiwa permanen di Long Iram Kota,” urainya.

Pantauan langsung di lapangan oleh, masih ada Tugu Khatulistiwa yang dibangun  Belanda tersebut. Berdiri hingga kini tepat di samping rumah dinas camat. Disebelah gang Kantor Pos, Kampung Long Iram Kota.

Tugu khatulistiwa itu terbuat dari beton. Ada piagam plakat diatasnya bertuliskan tahun 1898. Didirikan oleh Ajun Kontroler Belanda,  berkedudukan di Tenggarong, Kutai.

Sebelumnya, Rahmani bersama pengurus KNPI Kecamatan Long Iram telah bertemu dengan Gubernur Kaltim, H Isran Noor. Para pemuda menyampaikan, apabila berdiri tugu khatulistiwa di Long Iram Kota, mampu memajukan ekonomi masyarakat.

Didukung rencana pembangunan destinasi wisata kuliner, serta wisata alam Danau Gap, akan yang dikelola oleh kampung.

“Berharap rencana itu terealisasi. Untuk pergerakan ekonomi kerakyatan. Motto Long Iram yang didorong, Long Iram Kota ‘BERSUCI’. Bersih, Sehat, Unggul, Cerdas dan Inovatif,” tutup Rahmani. (imy/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: