Serunya Balap Kapal Ala Babulu

Serunya Balap Kapal Ala Babulu

Peminat lombanya memang tak sedikit. Sekira 21 kapal turut ambil posisi. Mengikutsertakan pula starter asal daerah tetangga, Kabupaten Paser.

Profesi pesertanya selain nelayan, ada petambak. Makanya yang digunakan adalah kapal pribadi peserta.

Tak ada aturan baku untuk ukuran kapalnya. Ketentuan hanya ada untuk kapasitas mesin. Yaitu tak melebihi kekuatan mesin 24 PK. Selain itu, pembalap wajib menggunakan baling-baling kapal standar. Yang disediakan pihak panitia.

"Yang penting itu masyarakat menikmati pertunjukannya," katanya.

Sirkuitnya di muara laut tadi. Luasnya sekira 500 meter. Kanan-kirinya dibatasi pohon-pohon mangrove. Panjang lintasannya sekira 2 kilometer.

Tapi itu di waktu nyorong (pasang). Kalau saat surut, kedalaman dan luas arena akan menyusut. Tak bisa lagi digunakan sebagai sirkuit.

"Makanya balapan hanya dilangsungkan mulai 9 pagi sampai jam 3 sore saja," jelasnya.

Kelas balapnya hanya satu. Drag race atau balap lurusan. Biaya pendaftarannya Rp 50.000. Sedangkan hadiah utamanya senilai Rp 2 juta rupiah. Hari pertama adalah babak penyisihan. Ada 7 kali pertandingan.

Dalam sekali start, diikuti oleh 3 kapal. Dua peserta finish pertama akan masuk ke babak selanjutnya.

Seru. Tak hanya pesertanya. Tapi juga masyarakat yang menyaksikan. Ada ratusan warga. Di pinggiran arena balap. Menggunakan kapal-kapal kecil. Menyoraki kapal andalannya yang sedang melaju.

Semburan air saat kapal beradu kecepatan terlihat jelas. Membelah air dengan kecepatan rata-rata 30 - 40 kilometer per jam.

"Apalagi saat ada kapal yang trouble mendekati garis finish," ucap Bull, salah satu penonton.

Hari kedua, putaran final. Menyisakan 14 peserta. Mulai kini, sekali start diikuti 5 kapal sekaligus. Hingga nanti tersisa 4 kepal tercepat keluar sebagai juara.

Hari itu yang keluar sebagai juaranya adalah Iwan. Asalnya dari Desa Muara Telake, Long Kali.

"Sudah seperti balapan kapal internasional di Thailand," ujar salah satu penonton lainnya, Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: