IKN Pindah, Sulteng Pun Dapat Berkah

IKN Pindah, Sulteng Pun Dapat Berkah

Gubernur Kaltim Isran Noor (kiri) memberikan cenderamata kepada Ketua Umum APPSI Longki Djanggola (kanan). Longki juga sebagai gubernur Sulteng. (Ariyansah/Disway Kaltim) =========  

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola menyambut baik keputusan pemerintah pusat terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Dari Jakarta ke Kaltim.

Menurut Longki, keputusan itu akan memberi dampak baik bagi Sulteng. Dalam hal roda perekonomian. Khususnya sektor jasa, pertanian, penyedia dan suplai barang material guna menyokong pembangunan IKN.

"Kami juga dapat berkah. Karena Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota. Apalagi kami punya bahan baku yang memang sangat dibutuhkan untuk Kaltim. Seperti batu, sirtu (pasir batu). Termasuk kayu, pangan. Hasil pertanian, buah-buahan dan sayur-mayur," katanya usai pembukaan Pra Munas VI Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gran Senyiur, Balikpapan, Rabu (28/8/2019) malam.

Bisa dibilang, Sulteng kecipratan proyek pembangunan IKN di Kaltim. Menyambut momentum positif ini, kerja sama untuk kepentingan pembangunan IKN antar kedua provinsi akan segera dilaksanakan.

"Tentu pertama membangun kerja sama. Kita akan bangun (IKN) bersama. Untuk kepentingan bersama," lanjutnya.

Longki mengatakan, pihaknya akan mempermudah urusan perizinan. Semua kegiatan. Yang berkaitan dengan pembangunan IKN di Kaltim. Seperti sektor usaha pengiriman barang baku material pembangunan.

"Ya itu pasti," ungkapnya, yang juga sebagai ketua umum APPSI itu.

Diyakini, akan ada peningkatan kegiatan usaha menyokong pembangunan IKN di Kaltim. Atas hal ini, pengawasan usaha akan lebih ditingkatkan di Sulteng.

"Mudah-mudahan tidak terjadi persaingan yang tidak sehat. Biasanya kalau ada peluang usaha, terjadilah persaingan-persaingan yang tidak sehat. Biasanya seperti itu. Nah ini yang akan kita cegah. Supaya semua merasa terberdayakan," pungkasnya.

Peran Sulteng dinilai begitu penting. Ini disampaikan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Pada paparan Bambang. Saat acara Konsultasi Regional (Konreg) Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) wilayah Kalimantan, salah satu daerah penyokong adalah Sulteng. Sehingga, hal itu juga dinilai akan berdampak baik pada gerak perekonomian di Sulteng. (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: