Akhir Tahun Ini Runway Bandara APT Pranoto Sudah Terang

Akhir Tahun Ini Runway Bandara APT Pranoto Sudah Terang

Samarinda, DiswayKaltim.com – Akhir tahun ini, lampu runway bandara APT Pranoto ditarget rampung. Pengerjaannya dilakukan bulan depan. Setelah PT Imperindo Sarana menjadi pemenang tender. Pengadaan dan pemasangan AFL bernilai kontrak Rp 12 miliar.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga menganggarkan flood light. Atau alat untuk menerangi tempat parkir pesawat terbang. Alat itu digunakan saat cuaca buruk. Atau pada malam hari. Ketika ada pesawat menginap atau parkir di apron. Nilainya sekitar Rp 2,48 miliar.

“Saat ini sudah mulai persiapan. Sudah mendapatkan pemenang lelang proyek. Insya Allah September sudah mulai pengerjaan,” ucap Dodi Dharma Cahyadi, kepala Bandara APT Pranoto Samarinda, Rabu (28/8/2019).

AFL itu mencakup lampu di runway, apron hingga taxiway. Termasuk pula PAPI (precision Approach Path Indicator). Yaitu alat bantu pilot dalam mempertahankan posisi pesawat. Agar tetap sejalur dengan lintasan runway. Semua perangkat tersebut ditarget terpasang akhir Desember 2019.   

Dodi menambahkan, kegunaan lain dari PAPI adalah membantu pesawat mengudara. Ketika pagi atau cuaca dalam keadaan berkabut dan jarak pandang minimum.

Pemasangan AFL hingga flood flight tersebut juga berkaitan dengan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim. Terlebih papar dia, angka penumpang rata-rata per hari mencapai 3.900 pax.

“Hingga Juli lalu. Bandara melayani 661.426 penumpang. Baik yang datang maupun berangkat. Kemudian pergerakan pesawat berjumlah 6.544,” sebut Dodi. (boy/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: