Launching Pilkada Balikpapan 2020 Mulai Oktober

Launching Pilkada Balikpapan 2020 Mulai Oktober

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan dilaunching 23 September 2019. Secara nasional. Di Balikpapan, mulai tahapan pada Oktober 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Noor Thoha mengatakan, peluncuran di Jakarta menandai dimulainya tahapan.

"Artinya sudah memasuki tahapannya. KPU kota/kabupaten mengikuti setelahnya," katanya, kepada DiswayKaltim.com (27/8/2019).

Mundur Oktober. Kata Thoha karena KPU menunggu pendatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah).

"Diberikan waktu untuk NPHD. Paling lama 1 Oktober. Penandatangan antara saya sebagai ketua KPU dan Pak Wali Kota," katanya.

NPHD itu sebagai bukti pemberian dana hibah. Dari pemkot ke KPU Balikpapan. Setelah penandatangan, launching Pilkada Balikpapan pun akan dilakukan.

"Kita usahakan, begitu kita terima NPHD, langsung launching. Kita tidak akan lama-lama. Dari sekarang persiapan launchingnya. Kenapa tunggu NPHD, tentu saja karena kegiatan tahapan pilkada tidak boleh mendahului anggaran. Misalnya ada kegiatan di September, kemudian anggarannya turun Oktober. Itu tidak boleh," tuturnya.

KPU Balikpapan mengusulkan anggaran pelaksanaan Pilkada 2020 Rp 54 miliar. Ada perubahan. Pengajuan sebelumnya sebesar Rp 55 miliar. (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: