Pemuda Terkaya Sejagat yang Tetap Hidup Sederhana

Pemuda Terkaya Sejagat yang Tetap Hidup Sederhana

Mark Elliot Zuckerberg memperkenalkan media sosial Facebook yang sedang dikembangkan. (IN)

Jakarta, nomorsatukaltim.com - Pendiri Facebook Mark Elliot Zuckerberg lahir 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Dari pasangan Edward Zuckerberg dan Karen. Ayahnya berprofesi sebagai seorang dokter gigi. Sedangkan ibunya seorang psikiater. Dia memiliki 3 saudara perempuan: Randi, Donna, dan Arielle. Mereka dibesarkan di Dobbs Ferry, New York.

Zuckerberg dibesarkan sebagai seorang Yahudi dan menjalani bar mitzvah ketika menginjak usia 13 tahun. Meski selama ini ia menetapkan dirinya sebagai seorang ateis.

Ia sekolah di Ardsley High School. Dia mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran klasika. Sebelum pindah ke Phillips Exeter Academy pada tahun pertamanya. Tempat ia mendapat banyak hadiah dalam bidang sains (matematika, astronomi, dan fisika) dan ilmu klasik.

Dalam formulir pendaftaran perguruan tingginya, Zuckerberg memasukkan bahasa Prancis, Ibrani, Latin, dan Yunani Kuno dalam kolom bahasa non-Inggris yang bisa ia baca dan tulis. Di perguruan tinggi, ia dikenal karena mengutip beberapa kalimat dari puisi-puisi epik seperti Iliad.

Pada sebuah pesta yang diadakan persaudaraannya pada tahun kedua di universitas, Zuckerberg bertemu Priscilla Chan, seorang pelajar China-Amerika asal Kota Boston (Braintree, Massachusetts). Mereka berkencan sejak 2003. Meski sempat putus sebentar.

Pada September 2010, Zuckerberg mengundang Chan yang sudah menjadi mahasiswi kedokteran di Universitas California, San Francisco, untuk pindah ke rumah sewaannya di Palo Alto.

Zuckerberg mempelajari bahasa Tionghoa Mandarin setiap hari sebagai persiapan kunjungan keduanya ke Tiongkok pada Desember 2010.

Pada profil Facebook Zuckerberg, ia menyebut tertarik pada “keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung, dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi, minimalisme”.

Zuckerberg lebih enak melihat warna biru. Karena kebutaan warna merah-hijau yang dialaminya. Itulah sebabnya biru menjadi warna dominan di Facebook.

Pada 19 Mei 2012, Zuckerberg menikah dengan Chan. Upacara dilangsungkan di halaman belakang rumah Zuckerberg. Tamu-tamu khusus diundang. Dengan dalih merayakan lulusnya Chan sebagai dokter dari fakultas kedokteran di University of California, San Francisco.

Pada 1 Desember 2015, dia mengumumkan kelahiran anaknya yang pertama: seorang bayi perempuan yang lahir dengan berat 3,4 kg dan diberi nama Maxima Chan Zuckerberg. Dia juga menulis surat terbuka bagi putrinya, Max.

Dalam surat tersebut, dia mengumumkan dirinya bakal membuat yayasan bernama Chan Zuckerberg Initiative. Pada Mei 2011, Zuckerberg dilaporkan telah membeli rumah berkamar lima di Palo Alto senilai $ 7 juta.

AWAL MULA FACEBOOK

Di Harvard inilah Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online. Karena universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: