Pertolongan Pertama saat Tersengat Listrik

Pertolongan Pertama saat Tersengat Listrik

Selain itu, cek pula pernapasan dan denyut nadi korban. Jika pernapasan dan denyut nadi korban tampak melemah atau melambat, segera lakukan teknik Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). Alias napas buatan.

Kelima, obati luka bakar. Jika korban mengalami luka bakar, lepaskan pakaian yang menempel di kulit korban menggunakan gunting atau alat lainnya agar luka bakar tidak meluas. Bilas area yang terbakar menggunakan air dingin yang mengalir, lakukan hingga rasa sakitnya mereda. Kemudian tutup luka menggunakan perban atau kain basa.

Keenam, lakukan teknik pernapasan buatan. Apabila korban tidak bernapas dan denyut nadinya melemah, maka beri napas buatan dan resusitasi jantung paru-paru kepada korban. Sebelumnya, pastikan memahami cara melakukan teknik CPR untuk menghindari kesalahan yang dapat berakibat fatal.

Demikian langkah-langkah pertolongan pertama pada korban tersengat listrik. Namun yang utama, melakukan pencegahan agar tidak tersengat listrik. Hal ini dapat dilakukan dengan menjauhkan kabel listrik yang tersambung dengan stop kontak dari anak, tidak melakukan kontak langsung terhadap barang eletronik dengan tangan basah, serta memberikan edukasi bahaya listrik terhadap keluarga di rumah. */JUN/***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: