Balikpapan Dapat Bantuan APD dan Masker

Balikpapan Dapat Bantuan APD dan Masker

Kodam VI Mulawarman menyerahkan bantuan APD dari BNPB Pusat kepada Tim Gugus Tugas COVID-19 di Balikpapan, Rabu (26/8). (Andi Muhammad Hafizh/nomorsatukaltim)

Balikpapan, Nomorsatukaltim.com – Pemkot Balikpapan mendapatkan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dan masker dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat melalui Kodam VI Mulawarman, Rabu (26/8/2020).

Bantuan APD sebanyak 1.500 pcs, masker N95 500 pcs dan masker KN95 2.000 pcs. Diberikan oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjend TNI Heri Wiranto. Didampingi oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, kepada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan bantuan APD dan masker ini sangat membantu kebutuhan tim medis dan juga tim pemakaman COVID-19. Pasalnya saat ini dengan semakin banyaknya jumlah pasien yang positiv dan yang meninggal stok APD dan masker semakin menipis. "Alhamdulillah sekali kita mendapatkan bantuan lagi. Kan jumlah pasien semakin banyak tiap hari yang positiv dan juga meninggal, jadi APD dan masker medis kita berkurang," ujarnya.

Adanya bantuan APD dan masker yang diterima Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Balikpapan ini disebut Rizal mampu bertahan selama tiga minggu kedepan. Dan rencananya sejumlah APD dan masker tersebut akan disebar keseluruh rumah sakit rujukan pasien COVID-19. "Insyallah bisa bertahan tiga minggu, tapi kita juga masih berharap bantuan dari perusahaan lagi," jelasnya.

Dikesempatan yang sama Pangdam VI Mulawarman Mayjend TNI Heri Wiranto mengatakan, bantuan dari BNPB ini hasil diskusi dirinya bersama Ketua BNPB pusat. Yang menyebutkan jika Balikpapan mengalami kekurangan APD dan masker medis. "Kemarin kan kita ngobrol sama Pak Walikota, katanya kita kekurangan APD jadi saya ajukan dan dikabulkan oleh Pak Doni. Bahkan kita mendapatkan tambahan masker," ujarnya.

Diharapkan dengan adanya bantuan APD dan masker ini dapat membantu tenaga medis di Kota Balikpapan. "Mudah-mudahan masih ada bantuan lain lagi untuk mendukung penanganan masalah COVID-19 di Kota Balikpapan ini," tegasnya.

Sementara itu Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono mengapresiasi TNI dalam membantu Pemerintah Kota Balikpapan dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini. Menurutnya peran TNI-Polri sangat mendukung penuh pemerintah daerah dalam menangani pandemi COVID-19 ini. "TNI dan Polri pada umumnya mendukung penuh Pemkot. Dan apa yang sudah dilakukan panglima kita apresiasi. Ini adalah kerja cepat kerja luar biasa hari ini Balikpapan mendapat bantuan APD dan masker," ujarnya. (bom/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: