Calon Independen di Solo Lolos Syarat Dukungan

Calon Independen di Solo Lolos Syarat Dukungan

Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) hendak menyerahkan syarat dukungan untuk maju di Pilkada Solo 2020 lewat jalur independen ke KPU Solo. (Int)

Solo, nomorsatukaltim.com - Verifikasi faktual (verfak) berkas perbaikan bakal pasangan calon independen Pilkada Solo, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) telah selesai di tingkat kelurahan. Hasilnya ada sekitar 10 ribuan berkas perbaikan yang memenuhi syarat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Pemenangan Bajo, Robert Hananto. Menurutnya, jumlah tersebut melebihi syarat berkas perbaikan yang ditentukan KPU Solo: 7.241 berkas.

“Hari terakhir penghitungan di tingkat kelurahan sudah ada 10 ribuan. Melebihi syarat perbaikan yang ditetapkan KPU,” kata Robert, Senin (17/8).

Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan diri untuk tahap-tahap selanjutnya. Mulai dari pendaftaran calon pada 4-6 September 2020 hingga persiapan kampanye.

“Kita menunggu rapat pleno tingkat kota. Setelah resmi dinyatakan memenuhi syarat dukungan, kita akan mendaftar pada 4-6 September,” katanya.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti membenarkan adanya 10 ribu berkas perbaikan yang memenuhi syarat. Namun pihaknya masih harus melakukan rekapitulasi bertingkat.

“Terakhir memang jumlahnya sekitar 10 ribu berkas. Tapi ini masih bertahap ke pleno tingkat kecamatan. Lalu tingkat kota rencananya 21 Agustus,” kata Nurul.

Diketahui, pada penyerahan berkas pertama, Bajo telah membawa 41.425 berkas dukungan. Setelah melalui verifikasi administrasi dan faktual, hanya ada 28.765 berkas yang memenuhi syarat.

Artinya berkas mereka masih kurang 7.241 untuk memenuhi syarat. Selanjutnya, sesuai regulasi mereka harus mengumpulkan berkas perbaikan sebanyak dua kali lipatnya atau 14.482 berkas.

Pada pengumpulan berkas perbaikan, Bajo mengumpulkan sekitar 21 ribu berkas. Dari jumlah tersebut ada 10 ribu berkas perbaikan yang memenuhi syarat.

Dengan tambahan 10 ribu berkas tersebut, bisa diartikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk mendaftar di Pilkada Solo. Secara keseluruhan, mereka telah mengantongi sekitar 38 ribu berkas dukungan. Melebihi syarat dukungan yang ditentukan: 35.870 berkas. (dtk/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: