Catat, Pekan Ini SIM Keliling Hadir di Polsek Balikpapan Barat

Catat, Pekan Ini SIM Keliling Hadir di Polsek Balikpapan Barat

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Penempatan armada SIM Keliling yang diinisiasi Satlantas Polresta Balikpapan mendapat sambutan baik warga yang tinggal di wilayah kecamatan terjauh dari Mapolresta.

Jika pekan lalu SIM Keliling ditempatkan di Balikpapan Timur (Baltim), maka pekan ini, Kasat Lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono SH SIK berencana mengalokasi armada SIM Keliling di Balikpapan Barat (Balbar). Tepatnya Jumat (14/8) dan Sabtu (15/8).

"Sebenarnya ada perwakilan masing-masing Polsek. Untuk mengakomodir warga yang kecamatannya jauh dari Kantor Polresta Balikpapan," urainya.

Sebelumnya, Irawan juga mengatakan mempertimbangkan penempatan SIM Keliling di Baltim, agar ke depannya bisa dijadwalkan secara rutin. Namun sampai saat ini, pihaknya masih dalam tahap pendataan dan evaluasi. Sebab ada juga permintaan dari Polsek lainnya. "Ini jadi base data kita. Jadi kalau ada permintaan di Balikpapan Timur, nanti kita agendakan lagi pada waktu selanjutnya," ujar Irawan.

Terpantau, ratusan warga yang tinggal di Lamaru dan Manggar, memadati Polsek Balikpapan Timur (Baltim). Mereka datang sejak pagi, Sabtu (8/8) kemarin, untuk mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Sejak kemarin saya sudah lihat pengumuman akan ada mobil SIM Keliling di Polsek, makanya saya datang," ujar Indriani, pegawai bank swasta, warga Jl. Perjuangan, Manggar, saat ditemui.

Sama seperti Indriani, warga lainnya yakni Deni Irawan yang ikut mendaftar sebagai pemohon perpanjangan SIM. Merasa sangat terbantu atas hadirnya SIM keliling ini. Pun dengan masyarakat yang lain. Yang juga melakukan proses perpanjangan SIM. “Pengurusan menjadi lebih mudah karena dekat. Juga tidak terlalu menumpuk atau ramai,” ujarnya.

Jika sebelumnya jadwal SIM Keliling setiap hari Senin sampai Sabtu hanya melayani warga di titik tertentu, seperti di area Pasar Segar dan sekitaran Pasar Baru, kini atas dasar inisiatif, Satlantas menempatkan armadanya di wilayah terjauh, yakni di Balikpapan Timur.

Kapolsek Balikpapan Timur Kompol FX Suhartanta mengatakan, pihaknya berusaha memfasilitasi para warga agar bisa mengurus perpanjangan SIM di area kerjanya. Sebab selama ini warga sekitar kesulitan membagi waktu. Begitu juga jarak tempuh dari Balikpapan Timur ke Kota cukup jauh. "Kita fasilitasi. Sejak mereka datang kita siapkan alat pengukur suhu dan kita dirikan tenda untuk pemohon yang antre dari pagi," ujarnya, saat ditemui, kemarin.

Selain kedatangan armada SIM Keliling, pihak satlantas juga mengajak mitra kerjanya, PT. Nay Jaya Mandiri (NJM), supaya pemohon perpanjangan SIM bisa sekalian melakukan pemeriksaan kesehatan, sebagai salah satu syarat permohonan perpanjangan SIM. (ers/ryn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: