KSOP Balikpapan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

KSOP Balikpapan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Peringatan HUT Republik Indonesia (RI) masih beberapa hari lagi. Namun semarak memperingati hari kemerdekaan RI itu sudah terlihat di Balikpapan.

Ini terlihat dari berkibarnya bendera merah putih berukuran raksasa.  Berdiri gagah di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan.

Kabid Keselamatan Berlayar dan Patroli KSOP Klas I Balikpapan Capt Hasan Basri mengatakan, sudah dua hari lalu bendera itu dikibarkan. Pemasangan bendera tersebut atas inisiatif KSOP Kelas I Balikpapan sendiri untuk memeriahkan HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus nanti.

“Inisiatif kami sendiri. Untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Kebetulan ada tower navigasi yang sudah tidak dipakai, jadi kami manfaatkaan untuk pasang bendera saja,” ujarnya, Jumat (7/8).

Bendera yang dikibarkan di kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jalan Yos Sudarso ini memiliki ukuran 10 kali 17 meter. Pembuatnya, KSOP Kelas I Balikpapan memanfaatkan perajin kain yang ada di Balikpapan.

“Kami manfaatkan perajin lokal saja. Tapi enggak tahu saya berapa biaya yang dibutuhkan membuat bendera itu,” jelasnya.

Diakui tidak mudah memasang bendera yang dikibiarkan di tower setinggi 50 meter itu. Sebab, selain ukurannya yang besar, ada etika pengibaran bendera yang harus dipatuhi.

“Sedikit sulit, ya, saat proses pengibaran. Adalah 10 orang yang pasang. Terus juga kan pasang bendera enggak boleh kena tanah, apalagi pasang bendera sebesar ini,” tambahnya.

Direncanakan, bendera tersebut akan berkibar hingga akhir Agustus ini. Informasi yang diterima, bendera tersebut digadang-gadang sebagai bendera terbesar yang pernah ada di Balikpapan.

“Saya juga baru tahu kalau ini yang terbesar. Biar jadi motivasi saja lah untuk membangkitkan nasionalisme biar terus tumbuh,” tegasnya.

Sementara itu berkibarnya bendera terbesar di Balikpapan ini menjadi perhatian warga. Khususnya yang melintasi Jalan Minyak. Warga yang melintas tersebut tak sesekali mengabadikan momen bendera berkibar.

"Baru ini lihat sebesar ini di Kota Balikpapan. Biasanya paling besar itu 4x8 aja tapi ini lebih besar dua kali lipat," ujar Wahyudi.

Dengan adanya bendera terbesar ini dinilai Wahyudi dapat menumbuhkan rasa nasionalisme yang lebih dari biasanya. "Merinding lah liat seperti ini mas, rasa nasionalisme kita jadi semakin meningkat bila lihat seperti ini," tambahnya. (bom/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: