Susan Pelaku Pelempar Mobil Ketua MUI Samarinda Ditangkap

Susan Pelaku Pelempar Mobil Ketua MUI Samarinda Ditangkap

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Pelaku pelemparan batu mobil Ketua MUI Samarinda Zaini Naim diamankan polisi. Pelaku adalah Susanto (60) alias Susan.

Saat itu, jajaran Reskrim Polsek Samarinda Kota bersama Satpol PP Samarinda dan Dinas Sosial (Dinsos) serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sekira pukul 21.45 Wita malam tadi mengamankan pelaku. Sebagai terduga pelaku pelemparan.

Ia diamankan di kediamannya Jalan Sultan Sulaiman Pelita II RT 28 Kelurahan Sambutan Kecamatan Sambutan. Diduga ia memiliki gangguan kejiwaan. Dan memang kerap kali meresahkan warga ketika meminta uang dan tak mendapatkannya.

Susan yang tak asing bagi warga Kota Tepian ini memang terkenal kerap membuat onar. Saat hendak mengamankan pelaku, pihak kepolisian langsung berkoordinasi dengan Satpol PP serta Dinsos Samarinda.

Syarifah, Anggota Tagana Samarinda menjelaskan saat hendak melakukan penjemputan pihaknya terlebih dahulu harus bernegosiasi dengan pelaku.

"Jadi, kami negosiasi dulu dengan dia, karena saat itu dia pegang gunting. Karena tidak berhasil, mau tidak mau kami lakukan penjemputan paksa," terangnya.

Setelah itu, lanjut Syarifah, karena Susan diduga mengidap gejala Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pihaknya langsung membawa ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam di Jalan Kakap Kelurahan Sungai Dama Kecamatan Samarinda Ilir malam tadi. "Kami bawa ke RSJD untuk dilakukan perawatan," terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Samarinda Kota, AKP Aldy Harjasatya saat ditemui di RSJD Atma Husada Mahakam, mengatakan untuk proses hukum pihaknya masih akan menunggu hasil observasi dari pihak rumah sakit.

"Kalau dia dinyatakan ODGJ otomatis tidak bisa diproses dan dari pihak pelapor juga sudah mengetahui itu," singkatnya.

Diberitakan sebelumnya saat itu Ketua MUI Samarinda beserta keluarganya hendak bersilaturahmi ke tempat mertuanya di kawasan Sambutan.

Tetapi, saat di Jalan Otto Iskandardinata (Otista) tepatnya di atas gunung manggah, tiba-tiba ada seseorang yang melemparkan batu ke arah mobil milik Ketua MUI, dari arah sebelah kiri, tepat dimana dirinya duduk. Beruntung saat itu, tak mengenai kepala dari Kepala MUI, Zaini Naim dan saat itulah langsung melaporkan ke Polsek Samarinda Kota. (aaa/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: