KPU Kubar Mulai Lakukan Coklit

KPU Kubar Mulai Lakukan Coklit

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye SH. (Istimewa)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), masih sedang melaksanakan tahapan pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye SH mengatakan, sesuai PKPU Nomor 5/2020, saat ini pihaknya sedang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

“Dimulai sejak 15 Juli sampai 13 Agustus. Kemudian penyusunan data pemilih mulai 15 Juli sampai awal September,” kata Akadius Hanye kepada nomorsatukaltim.com, dihubungi via seluler, Minggu (26/7).

Dia menambahkan, coklit yaitu pencocokan (orang) yang ada data pemilih menuju Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang selanjutnya menjadi DPT “Untuk perbaikan data hingga Desember 2020,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini belum diketahui jumlah DPS Kubar. Diperkirakan DPS Kubar untuk Pilkada 2020 sebanyak 116 ribu. Namun hal itu belum valid. “Setelah jadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) baru bisa dijadikan daftar pemilih. Kalau sekarang ini masih menghitung melalui coklit,” ungkapnya.

Disinggung berapa jumlah calon untuk Pilkada Kubar?, Arkadius Hanye menyebut pendaftaran pasangan calon Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kubar baru akan dilaksanakan pada 4 September mendatang.“Ya, kita tunggu saja nanti 4 September 2020 akan dimulai pendaftarannya,” singkatnya.

Menurutnya, dalam tahapan hingga hari ‘H’ pelaksanaan pemilu KPU Kubar, KPU Kubar mengimbau masyarakat agar terus menjaga kondusivitas kamtibmas pada 16 kecamatan se-Kubar.
“Pemilu adalah proses masyarakat mencari pemimpin masa depan dengan cara pemilihan. Silakan masyarakat berpartisipasi aktif, terutama untuk DPT. Agar KPU diberi dukungan. Sehingga dalam proses penyusun DPT lebih valid,” tuturnya. “Hindari isu hoaks, jangan mudah percaya dengan berita dan isu yang belum jelas kebenarannya,” tambah Arkadius Hanye. (imy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: