Pemkot Balikpapan Cairkan Bansos Tahap Tiga dan Empat

Pemkot Balikpapan Cairkan Bansos Tahap Tiga dan Empat

Sejumlah warga Balikpapan mengantre untuk pencairan bantuan sosial tunai (BST) di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis (23/7). (Andi Muhammad Hafizh/Nomor Satu Kaltim)

--

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Pemkot kembali menyalurkan bansos. Berupa uang tunai, melalui Kantor Pos.

Bambang, warga Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah, mengaku warga terdampak pandemi. Ia kehilangan pekerjaan lantaran di-PHK. Sudah menunggu bantuan sosial tunai (BST) tersebut sejak disampaikan ketua RT setempat, melalui surat undangan.

Di surat undangan itu tercantum tanggal pengambilan, 23 Juli. Ia diminta ke Balai Kota, yang menjadi tempat berlangsungnya pencairan (BST). "Saat ini saya kerja serabutan," ujarnya.

Selain Bambang, ada banyak warga lain yang memenuhi Balai Kota. Mereka merupakan warga Gunung Sari Ulu. Sedangkan sebagian lagi merupakan warga Karang Jati. Mereka diarahkan untuk mencairkan BST di Kantor Pos.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, BST dilaksanakan sejak Kamis (23/7). Sampai menjelang Iduladha, 31 Juli.

Ia menyebut, pembagian BST diperuntukkan warga di tiga kecamatan. Yakni Balikpapan Barat, Balikpapan Tengah dan Balikpapan Utara. Jumlahnya 50.715 kepala keluarga. "Hari ini (kemarin, red) warga Gunung Sari Ulu 3.104 orang. Yang di Kantor Pos warga Karang Jati sebanyak 1.135 orang," urainya.

Nilai pencairan tahap ketiga dan keempat yakni Rp 460 ribu per kepala keluarga. "Mudahan pencairan selesai sebelum Iduladha," imbuhnya.

Warga yang mendapat undangan namun belum sempat mengambil haknya, kata Rizal, Kantor Pos akan mendatangi rumah-rumah penerima. "Jadi kalau belum sempat masih bisa. Satu bulan masih bisa," ungkapnya.

Selain itu, pemkot menunggu bantuan serupa, yang berasal dari APBD Kaltim. "Sekitar 13 ribu penerima tambahan," imbuhnya. (ryn/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: