Puluhan Kendaraan di Balikpapan Diberi Stiker Peringatan

Puluhan Kendaraan di Balikpapan Diberi Stiker Peringatan

Personel Satlantas Polresta Balikpapan menempelkan stiker teguran di kaca mobil yang melakukan parkir liar di KTL, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kamis (23/7). (Andi Muhammad Hafizh/Nomor Satu Kaltim)

--

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Operasi Patuh Mahakam 2020 digelar sejak Kamis (23/7) hingga 5 Agustus. Polda Kaltim menitikberatkan tiga sasaran utama. Yakni tidak mengenakan helm, melawan arus, dan tidak menggunakan safety belt.

Satlantas Polresta Balikpapan memulai Operasi Patuh Mahakam dengan menyasar parkir liar di jalur Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ruhui Rahayu. Sebab di kawasan sering terjadi penumpukan kendaraan parkir di bahu jalan dan membuat ruas jalan menyempit.

Kasatlantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono mengatakan, seminggu ini hanya menertibkan dan memberi peringatan. Dengan menempelkan stiker imbauan. Setelah itu, akan menilang bila masih melanggar.

"Pekan depan kami tindak," ujarnya.

Irawan melihat karakteristik kondisi wilayah masing-masing. Di sejumlah lokasi masih banyak parkir liar.

Irawan mengakui, kesadaran masyarakat masih kurang. Pasalnya di lokasi KTL telah dipasang rambu dilarang parkir.

Penertiban ini terus dilakukan. Di satu sisi masyarakat harus membiasakan diri, bila nanti diterapkan lagi jalur sepeda. Meski demikian dalam kegiatan ini, para pengendara kooperatif ketika diingatkan. "Jadi untuk jalur utama di sini kami tertibkan dulu. Ke depannya kami akan menuju pada aktivitas bersepeda juga," tutup Irawan. (bom/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: