Demokrat Usung RAGAM di Pilkada Berau

Demokrat Usung RAGAM di Pilkada Berau

Muharram-Gamalis menerima rekomendasi dari Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Keduanya diusung di Pilkada Berau 2020. (Ist)

Berau, nomorsatukaltim.com - Teka-teki arah dukungan Partai Demokrat akhirnya terjawab. Amanah diberikan kepada duet Muharram-Gamalis (RAGAM). Sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Bumi Batiwakkal.

Tiga kursi milik Partai Demokrat di legislatif memang sangat menggiurkan sebagai tambahan mesin tempur politik. Semua kadidat pun melirik. Termasuk Muharram dan Gamalis yang sejak awal serius ingin mengendarai partai berlambang mercy di Pilkada serentak 2020.

Sekretaris Tim Penjaringan Cabang (TPC) Demokrat Berau, Abdul Waris membenarkan, dukungan resmi diberikan kepada RAGAM, Rabu (22/7).

Dukungan partai yang kini dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tidak terlepas dari nama-nama yang diusulkan ke DPP Demokrat, saat penjaringan bakal calon kepala daerah.

“RAGAM dipercayakan membawa bendera Demokrat di pilkada,” katanya saat dikonfirmasi Disway Berau, Rabu (22/7).

Waris mengatakan, penetapan dukungan melalui proses dan tahapan cukup panjang. Tidak ada mahar politik. Mulai proses penjaringan, uji publik (diskusi publik), penyampaian ke DPD dan DPP, hingga melakukan survei internal kepada tiga kandidat bakal calon kepala daerah, yakni Muharram (PKS), Gamalis (PPP) dan Agus Tantomo (NasDem). Tahapan pun dilakukan secara transparan.

Karena yang mendaftar bukan kander, tentu banyak pertimbangan utama Partai Demokrat dalam menjatuhkan arah dukungan politik. Dalam menentukan calon tentu yang memiliki peluang menang besar. Sehingga, survei elektabilitas dan popularitas menjadi penentu.

Berdasarkan hasil survei, hasil menunjukkan persentase Muharram tertinggi dibanding kandidat lainnya. Terlebih, pasangan yang akan mendampingi sang petahana juga terdaftar resmi dan mengikuti semua tahapan yang ada.

“Dukungan Muharram berdasarkan hasil lembaga survei independen,” ujarnya.

Faktor kedua, tentu soal kapasitas yang teruji kepemimpinannya dalam satu periode, selayaknya dilanjutkan agar bisa memuntaskan agenda yang tertunda atau menjadi pekerjaan rumah (PR).

Ia menyebut, sepak terjang RAGAM tidak dapat diragukan. Keduanya merupakan elit politik terbaik yang dimiliki Kabupaten Berau dan telah sama-sama sudah teruji kepemimpinannya. Baik di lembaga eksekutif maupun legislatif.

“Kiprahnya tidak diragukan lagi, keduanya telah menunjukkan mendapat dukungan publik di berbagai kompetisi demokrasi. Artinya, ada dukungan nyata masyarakat,” terangnya.

Selain itu, di era pandemik Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang penuh dengan ketidakpastian, pengalaman seorang pemimpin sangat penting. Karena tidak perlu belajar lagi, terutama dalam mengambil keputusan maupun kebijakan yang harus cepat dan tetap.

“Itulah yang menjadi dasar dan pertimbangan kami memberikan dukungan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: