Imbauan DLH Belum Ampuh, Warga Masih Gunakan Plastik Bagikan Daging

Imbauan DLH Belum Ampuh, Warga Masih Gunakan Plastik Bagikan Daging

Kantong plastik masih digunakan untuk membungkus daging kurban. (Foto : Rafii/DiswayKaltim)

Kukar, DiswayKaltim.com - Imbauan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar Alfian Noor agar mengurangi penggunaan kantong plastik untuk membungkus daging kurban, tampaknya belum berhasil menggugah masyarakat. Sejumlah warga dan panitia kurban masih saja menggunakan kantong kresek untuk membagikan daging kurban.

Masjid Jami KH Muhammad Sadjid, Tenggarong, misalnya. Dari pantauan DiswayKaltim.com panitia masih sibuk membungkus menggunakan plastik bening. Padahal, sebelumnya Kepala DLHK sudah mengeluarkan imbauan.

Masjid Jami KH Muhammad Sadjid pun turut menyelenggarakan pemotongan hewan kurban, antara lain 12 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

"Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan, mudah-mudahan tahun depan ada peningkatan lagi," teerang Syamsul Ma'arif pada DiswayKaltim.com, Minggu (11/8/2019).

Untuk hewan kurban sendiri, merupakan hasil dari partisipasi masyarakat yang ada wilayah sekitar masjid dan di luar masjid. Serta bantuan 1 ekor sapi dari salah satu perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Bentian, Kutai Barat.

Pengerjaan penyembelihan hingga pembagian ke warga yang berhak menerima, pihak Masjid Masjid Jami' KH. Muhammad Sadjid mengerahkan petugas sebanyak 48 petugas. Dan hasil penyembelihan rencananya akan dibagikan ke 650 warga yang berhak menerima di 10 Rukun Tetangga (RT) di sekitar wilayah masjid.

"Mulai kegiatan dari jam 9 sampai jam 5 sore selesai," ucap Ketua Panitia Qurban, Isman Jaidan.

Selain menyelenggarakan kurban, pihak yang menyalurkan akan diberikan piagam penghargaan dari pihak masjid. (M3/boy)

Berita terkait lainnya :

DLH Samarinda Tantang Panitia Kurban Tak Pakai Plastik Bagikan Daging Kurban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: