Rebut 36 Medali, Kaltim Raih Peringkat Kedua Pra-Popnas 2024

Kamis 28-11-2024,16:43 WIB
Reporter : Gathan Fahriza
Editor : Tri Romadhani

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kontingen Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil meraih posisi kedua dalam ajang Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra-Popnas) 2024 Zona IV yang digelar pada 18–24 November di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Punggawa muda Kaltim berhasil membawa pulang total 36 medali, terdiri dari 12 emas, 17 perak, dan 7 perunggu.

Cabang olahraga pencak silat menjadi penyumbang medali terbanyak dengan koleksi 22 medali (10 emas, 8 perak, dan 4 perunggu).

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Rasman Rading, menilai pencapaian ini sebagai hasil dari pembinaan yang intensif.

BACA JUGA : Unggul Dalam Tata Kelola, BRI Dinobatkan Sebagai The Most Trusted Company 2024

“Capaian ini cukup membanggakan, terutama dibandingkan dengan Pra-Popnas sebelumnya. Namun, kita harus ingat, ini masih tahap kualifikasi. Kita harus tetap fokus pada pembinaan untuk Popnas 2025 di Medan, Sumatera Utara,” kata Rasman.

Selain pencak silat, tinju dan bola voli juga memberikan kontribusi signifikan. 

Tinju masing-masing menyumbang dua medali emas, dua perak, dan dua perunggu.

Cabang olahraga lainnya, seperti bola voli dan bulu tangkis, juga menunjukkan performa solid dengan masing-masing menyumbangkan 2 medali perak.

BACA JUGA : Pengembangan Ekonomi Kreatif Berikan Banyak Manfaat untuk Masyarakat PPU

Rasman mengingatkan pentingnya memulai persiapan sejak dini untuk menghadapi Popnas 2025.

Menurutnya, setiap cabang olahraga yang lolos harus segera membentuk tim persiapan.

“Prestasi tidak datang dengan instan. Persiapan harus dimulai sekarang, bukan tiga bulan sebelum pertandingan. Ini membutuhkan pengorbanan, baik dari atlet, pelatih, maupun pengurus cabang olahraga,” tegasnya.

Rasman juga meminta seluruh pihak untuk tidak cepat puas dengan hasil di Pra-Popnas.

BACA JUGA : Instruksi Prabowo, Harga Tiket Pesawat Turun 10 Persen selama Natal dan Tahun Baru

Kategori :