Lakeview di Samboja Mulai Viral, Fachrudin Siap Perjuangkan Pengembangan Wisata Kukar

Rabu 23-10-2024,20:29 WIB
Reporter : Ari Rachiem
Editor : Devi Alamsyah

KUTAI KARTANEGARA, NOMORSATUKATIM – Anggota DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Fachrudin, menyatakan komitmennya untuk memperjuangkan pengembangan sektor pariwisata di Daerah Pemilihan (Dapil) IV.

Fachrudin meyakini bahwa potensi wisata di kawasan tersebut, terutama yang berdekatan dengan pantai, bisa memberikan kontribusi besar bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

Menurutnya, banyak objek wisata di Dapil IV yang belum digarap maksimal. Salah satu contoh wisata yang mulai menarik perhatian adalah Lakeview di Samboja.

Fachrudin menilai objek wisata ini bisa menarik lebih banyak pengunjung dari luar daerah, termasuk dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Wisata Lakeview di Kecamatan Samboja sekarang viral dan bisa menarik tamu-tamu dari luar, terutama dari IKN," kata Fachrudin.

Dengan kunjungan yang semakin meningkat, ia optimistis bahwa sektor pariwisata bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi lokal.

Selain berfokus pada peningkatan PAD, Fachrudin juga menyoroti manfaat lain dari pengembangan pariwisata, yaitu menggerakkan roda perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata.

Ia berharap, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diberi kesempatan lebih besar untuk memasarkan produk mereka kepada wisatawan.

Fachrudin menambahkan bahwa destinasi wisata di Dapil IV perlu terus didorong agar lebih berkembang. Untuk itu, peran aktif dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sangat diperlukan.

Ia mengingatkan agar dinas terkait berperan lebih aktif dalam memajukan sektor pariwisata, terutama dalam hal penyediaan infrastruktur pendukung serta promosi yang lebih luas.

"Karena itu wisata di Dapil IV harus terus kita dorong. Bahkan, harus ada lebih banyak tempat rekreasi yang dikembangkan," tuturnya.

Sebagai bentuk dukungan nyata, Fachrudin mengusulkan agar anggaran untuk pengelolaan pariwisata ditingkatkan. Menurutnya, anggaran yang lebih besar akan memungkinkan pengelolaan wisata menjadi lebih baik dan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Pemerintah daerah harus lebih serius melihat potensi wisata, termasuk yang ada di wilayah pesisir," pungkas Fachrudin. (*/adv)

Kategori :