Kualitas dan Kebersihan Distribusi Makanan Gratis Merupakan Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Rabu 23-10-2024,15:13 WIB
Reporter : Tri Romadhani
Editor : Tri Romadhani

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Pengamat kesehatan, Dicky Budiman, menyarankan agar pemerintah bekerja sama lebih erat dengan para produsen makanan guna memastikan distribusi makanan bergizi secara gratis tetap dalam kondisi yang aman, higienis, dan tepat sasaran.

Menurut Dicky, kolaborasi ini penting untuk menjamin kualitas makanan, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

"Sistem distribusi yang efektif sangat dibutuhkan. Ini termasuk perencanaan matang serta kerjasama yang erat dengan produsen makanan lokal. Pemerintah juga harus memastikan fasilitas penyimpanan dan transportasi yang layak tersedia untuk menjaga kualitas makanan selama proses distribusi," ujar Dicky saat dihubungi Disway.id pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Menurutnya, menjaga kualitas makanan dari produsen hingga konsumen adalah kunci utama dalam pelaksanaan program ini.

BACA JUGA : Novita Bulan Imbau Warga Mahulu Tak Takut Ancaman Dalam Pilkada 2024, Gunakan Hak Pilih Sesuai Hati Nurani

Dicky juga menyoroti pentingnya solusi logistik yang tepat, terutama saat pemerintah harus menjangkau daerah-daerah terpencil atau wilayah dengan infrastruktur yang kurang memadai.

Menurutnya, tantangan akses ini dapat memengaruhi kecepatan distribusi dan kualitas makanan yang diterima masyarakat.

"Masalah akses yang buruk bisa mengakibatkan keterlambatan dalam pengiriman, yang berpotensi menyebabkan makanan menjadi basi atau rusak sebelum sampai ke tangan penerima," jelasnya lebih lanjut.

Selain itu, Dicky juga mengingatkan bahwa ketidakteraturan dalam menjaga standar kebersihan selama distribusi dapat menimbulkan risiko kontaminasi dan meningkatkan potensi wabah penyakit.

BACA JUGA : Kabid Humas Polda Kaltim Bagikan Payung Kepada Wartawan dan Pegiat Medsos di Mahulu, Ternyata ini Artinya

"Standar kebersihan yang tidak dipatuhi dengan baik bisa menyebabkan makanan terkontaminasi, dan ini berpotensi memicu masalah kesehatan di masyarakat, terutama di kalangan anak-anak dan kelompok rentan lainnya," ujarnya.

Oleh karena itu, Dicky menekankan bahwa pemerintah perlu menggandeng produsen makanan yang benar-benar paham tentang pentingnya distribusi yang baik, serta memiliki standar yang tinggi dalam hal kesehatan, kebersihan, dan kualitas produk yang mereka tawarkan.

Ia juga menekankan pentingnya variasi makanan, yang seharusnya disusun oleh ahli gizi agar kebutuhan nutrisi masyarakat, terutama anak-anak, dapat terpenuhi dengan baik.

Dicky menambahkan bahwa menu makanan yang diberikan harus mencakup porsi yang kaya akan sumber protein, serat, vitamin, dan mineral, dengan variasi yang disesuaikan menurut usia dan kondisi kesehatan penerima.

BACA JUGA : Firasat Bocah Tewas Ditabrak Terduga Pelaku Curanmor di Balikpapan: Sebut Kuburan sebagai Rumah

Kategori :