Hari Kesaktian Pancasila jadi Momen Bangkitkan Rasa Nasionalisme Para Penerus Bangsa

Selasa 01-10-2024,16:24 WIB
Reporter : Rizal
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya untuk mengenang jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur pada peristiwa G30S/PKI. 

Pemberontakan dilakukan oleh beberapa kelompok tertentu, termasuk PKI, yang bertujuan untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi komunisme.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 di halaman kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Berau, Selasa (1/10/2024).

Upacara tersebut dipimpin oleh Pjs Bupati Berau, Sufian Agus dan diikuti oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

BACA JUGA : Polres Kukar Lakukan Rotasi Jabatan Kapolsek Sanga-Sanga dan Tabang

Dalam sambutannya, Sufian Agus mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen membangkitkan rasa nasionalisme para penerus bangsa. Termasuk, mempertahankan keutuhan bangsa.

“Kita terus mengenang arwah pejuang yang telah gugur ini, membangkitkan rasa nasionalisme mempertahankan keutuhan bangsa," katanya.

Dirinya berharap, para penerus bangsa juga menjadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen untuk mempererat kesatuan dan persatuan, serta menumbuhkan rasa nasionalisme untuk menjaga persatuan bangsa.

“Jadi peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, merupakan wujud rasa penghormatan dan penghargaan kami selaku penerus bangsa, atas segala upaya perjuangan para pahlawan kita, yang telah gugur dalam melindungi Pancasila, dan juga meningkatkan sifat patriotisme dan nasionalisme," jelasnya.

BACA JUGA : Tingkatkan Aksesibilitas Jalan di Kaltim Menuju IKN, PUPR Lakukan Preservasi Jalan Kuaro-Kademan-Penajam

Pada kesempatan itu, Sufian Agus juga mengatakan, bahwa ada tiga hal yang menjadi tugasnya, yaitu menjalankan pemerintahan, menjaga netralitas ASN dan menjaga ketertiban serta keamanan.

"Kepada seluruh ASN, saya meminta untuk membantu dalam menjalankan tugas selama dua bulan kedepan," katanya.

Ia pun mengingatkan, para ASN agar tetap menjaga netralitas selama masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Berau.

"ASN harus netral semuanya, tidak boleh memihak kepada siapapun. Silakan memilih siapa pun nanti di tempat pemungutan suara," ujarnya.

BACA JUGA : Pemkab Berau Kembali Kucurkan Rp 2 Miliar Untuk Beasiswa Berau Cerdas

Kategori :