Peduli Korban Banjir, Pemkab Berau Salurkan Bantuan kepada Masyarakat Kampung Suaran

Senin 30-09-2024,10:37 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pejabat sementara (Pjs) Bupati Berau, Sufian Agus, bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada warga Kampung Suaran yang terdampak bencana banjir pada Jumat (27/9/2024) lalu.

Pada kegiatan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menyalurkan bantuan berupa sembako, perlengkapan tidur, dan bantuan lainnya yang diperlukan masyarakat.

Pjs Bupati Berau, Sufian Agus menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Berau kepada masyarakat yang terdampak bencana guna meringankan beban masyarakat khususnya di Kampung Suaran.

“Ini pertama kali saya ke lapangan. Saya saja tidak tahu dimana itu desa Suaran,” ujarnya, Minggu (29/9/2024).

BACA JUGA :  Nyanyikan Lagu dari God Bless, Pj Bupati PPU Hibur pengunjung UMKM Pekan Raya

 

BACA JUGA :  Seorang Emak-emak Nekat Jual Sabu, Kini Terancam Hukuman Hingga Belasan Tahun Penjara

Dikatakannya, bencana banjir yang terjadi di Kampung Suaran adalah banjir yang tidak biasanya. Meskipun tidak berlangsung lama, namun dampak dari bencana tersebut sangat luar biasa.

“Banyak rumah-rumah yang terdampak banjir dan perahu nelayan yang hilang, saya juga sudah bicara dengan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Muhammad Said, untuk siap membantu,” ucapnya.

Dirinya berharap bantuan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga meminta camat Kampung Suaran untuk melapor kepada pemerintah daerah terkait kebutuhan yang diperlukan masyarakat.

"Kami bawa tidak banyak tapi nanti akan ditambah lagi. Jangan sampai kapal nelayan tidak melaut karena dia hilang. Kalau kebunnya yang rusak nanti bisa minta bibit ke Dinas Perkebunan atau Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Pertanian Berau," bebernya.

BACA JUGA :  Berau Diserbu Banjir, Warga Tuding karena Drainase Mampet dan Aktivitas Tambang

Sementara itu, Kepala Kampung Suaran, Arif Sugiarto mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pjs bupati Berau beserta rombongan. Ia mengatakan penyaluran bantuan tersebut merupakan momen penting agar pemerintah daerah bisa melihat langsung kondisi Kampung Suaran.

Kemudian, dia juga meminta pemerintah daerah agar memperhatikan para petani kakao yang gagal panen akibat dampak bencana banjir di Kampung Suaran.

BACA JUGA :  PDIP Balikpapan Optimis Menang Pilkada 2024, Budiono: Sudah Lima Kali Berturut-turut

Selain itu, instalasi akan melakukan inventarisasi terkait kebutuhan dan bantuan yang dibutuhkan masyarakat kampungnya. Adapun yang terdampak sebanyak tiga RT, yakni RT 01 sebanyak 65 KK, RT 02 sebanyak 51 KK, dan RT 03 sebanyak 280 KK. 

“Tentunya data nyata dilapangan ada penambahan,” tandasnya.

Kategori :