Pilkada Serentak Ditinjau dari Ilmu Marketing; Antara Gejolak dan Pemanfaatan Peluang

Kamis 19-09-2024,21:12 WIB
Oleh: Didik Eri Sukianto

1. Optimalkan Anggaran yang Tersedia: Ketidakpastian ekonomi membuat banyak perusahaan memilih untuk mengurangi anggaran pemasaran. Namun, ini bukan alasan untuk berhenti berinovasi. Manfaatkan teknologi digital untuk menekan biaya namun tetap menjangkau audiens yang tepat.

2. Analisis Perilaku Konsumen: Konsumen berubah, dan begitu juga strategi pemasaran. Pastikan tim marketing memanfaatkan data-driven insights untuk memahami tren dan preferensi yang berkembang. Hal ini penting dalam menyesuaikan pesan dan positioning produk.

BACA JUGA: KPU Kukar Tegaskan Proses Administrasi Edi Damansyah Sesuai Aturan

3. Tingkatkan Customer Engagement: Jangan biarkan komunikasi dengan konsumen terhenti. Bangun hubungan jangka panjang dengan konsumen melalui kampanye yang interaktif dan personal. Kampanye berbasis community building bisa menjadi solusi jangka panjang yang menguntungkan.

4. Fokus pada Pengembangan Brand Loyalty: Dengan ketidakpastian yang ada, loyalitas konsumen menjadi aset yang paling berharga. Buat konsumen merasa dihargai dan terhubung dengan brand, sehingga mereka tetap setia bahkan dalam masa-masa sulit.

5. Siapkan Strategi untuk 2025: Q4 adalah saat yang tepat untuk mulai merencanakan strategi pemasaran tahun depan. Evaluasi apa yang berhasil dan tidak di tahun ini, dan rancang strategi dengan memprioritaskan inovasi, kolaborasi, dan digitalisasi. Jangan lupa untuk mengantisipasi tren masa depan seperti sustainability dan teknologi AI yang semakin mendominasi lanskap bisnis.

Kesimpulan: NEVER STOP (N-STOP)

Di tengah tantangan politik, ekonomi, dan ketidakpastian bisnis, marketer harus tetap melaju dan beradaptasi. Prinsip "Never Stop" adalah kunci dalam menghadapi situasi ini. 

BACA JUGA: Polres Kukar Gelar Doa Bersama Lintas Agama, Doakan Pilkada 2024 Damai

Dengan fleksibilitas, inovasi, dan fokus pada kebutuhan konsumen, tantangan bisa berubah menjadi peluang untuk menciptakan terobosan. 

Meskipun tantangan di depan masih besar, marketer harus terus mengejar target hingga akhir tahun dan mempersiapkan strategi yang lebih matang untuk tahun 2025.

 

#Sukseskan Pemilu #PILKADASERENTAK #PEMILUDAMAI #JANGANGOLPUT

 

Penulis: Warti Ratnasari/Analis Kebijakan

Kategori :