Pertandingan Olahraga Tradisional, Pelestarian Sekaligus untuk Kebugaran

Kamis 19-09-2024,19:57 WIB
Reporter : Rizal
Editor : Didik Eri Sukianto

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar pertandingan olahraga tradisional.

Dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-71 Kabupaten Berau dan Ke-214 Tanjung Redeb, ajang tersebut dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Batiwakkal pada Kamis (19/9/2024).

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, yang diawakili Assisten I Setkab Berau, Hendratno mengatakan, ajang ini sebagai langkah meningkatkan kebugaran masyarakat sekaligus pelestarian olahraga tradisional, seperti hadang (bagala), sumpit, ketaplel, balogo, enggrang (tunjang) dan lain-lain.

Melalui kegiatan perlombaan seperti ini, ia berharap, permainan tradisional dapat dikenal dan dimainkan kembali oleh masyarakat pada masa sekarang. 

BACA JUGA: Lomba Perahu Panjang Diharapkan Tarik Wisatawan Luar

BACA JUGA: Lestarikan Makanan Khas, Pemkab Berau Gelar Festival Jajanan Kue Tradisional

"Tentunya, ini menjadi tantangan bagi kita semua, di tengah perkembangan teknologi khususnya permainan online yang sangat digemari masyarakat," kata Hendratno.

Untuk itu, dirinya mendorong kepada jajaran Dispora untuk melakukan pembinaan dan kerja sama, termasuk dengan guru- guru olahraga di sekolah untuk mengajarkan olahraga tradisional bagi anak-anak didik.

Kemudian, di tahun-tahun mendatang juga dapat dilaksanakan Pekan Olahraga Tradisional Kabupaten (PORTRAKAB) di Kabupaten Berau agar olahraga tradisional dapat terus lestari sekaligus untuk meningkatkan prestasi Kabupaten Berau pada kompetesi olahraga tradisional.

"Saya juga mengharapkan kepada para peserta hari ini, semoga kita bersama-sama bersemangat untuk memajukan dunia olahraga Kabupaten Berau," harapnya.

BACA JUGA: Tuntaskan 18 Program, Bupati Sri Tinjau Sejumlah Proyek Pembangunan

BACA JUGA: Peringati HUT Berau Ke-71, Bupati Sri Sebut Daerah Terus Berkembang

Melalui kesempatan ini, ia juga memberikan apresiasi kepada para peserta dari kecamatan dan kampung yang berpartisipasi pada perlombaan ini. Kebersamaan ini tentunya menambah kegembiraan perayaan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Berau. 

"Saya berharap, perlombaan ini dapat meningkatkan ikatan persaudaraan di antara kita semua. Saya juga berpesan kepada saudara dan anak-anakku sekalian agar bertanding secara sportif, bersaing secara sehat. Insyaallah, saudara sekalian akan mendapatkan hasil terbaij," ujarnya.

Hendratno juga mengajak kepada semua peserta, khususnya generasi milenilal agar turut ambil bagian dalam melestarikan dan memainkan kembali olahraga tradisional agar terus lestari dan bermanfaat untuk masa yang akan datang. 

Kategori :