KPU Balikpapan Nyatakan Proses Pendaftaran Bapaslon di Pilkada 2024 Berjalan Lancar

Jumat 30-08-2024,06:47 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Yos Setiyono

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Pendaftaran ketiga bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada Balikpapan 2024 telah selesai dilaksanakan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, pada Kamis (29/8/2024).

Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono, mengonfirmasi bahwa semua dokumen persyaratan dari kandidat calon wali kota dan wakil wali kota telah diterima. 

"Dari ketiga Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang mendaftar, semua persyaratan untuk maju dalam Pilkada kami nyatakan telah lengkap," ungkap Prakoso dalam konferensi pers yang digelar setelah penyerahan berkas di kantor KPU Balikpapan, Kamis (29/8).

Prakoso menjelaskan bahwa pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan sebelumnya telah dibuka selama tiga hari, dari 27 Agustus hingga 29 Agustus. 

BACA JUGA: KPU Balikpapan Terima 3 Bapaslon di Hari Terakhir Pendaftaran (disway.id)

"Pada dua hari pertama pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, sementara pada hari terakhir pendaftaran dilanjutkan hingga pukul 23.59 WITA," tambahnya.

Di hari terakhir pendaftaran, pasangan calon pertama yang mendaftar adalah dari Partai Golkar, yakni Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo, yang tiba di KPU pukul 14.00 WITA. 

"Kemudian, pasangan dari Partai Gelora, Muhammad Sa’bani dan Syukri Wahid, mendaftar pukul 17.00 WITA," lanjut Prakoso. 

Pasangan terakhir, Rendi Susiwo Ismail dan Eddy Tarmo dari PDIP, tiba di KPU sekitar pukul 20.30 WITA dan proses pendaftarannya selesai pada pukul 21.45 WITA.

BACA JUGA: KPU Paser Sebut Cuma Dua Bapaslon yang Mendaftar (disway.id)

Prakoso menekankan bahwa seluruh proses pendaftaran berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar. 

Selanjutnya, bapaslon tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan mulai esok hari di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD). 

"Pemeriksaan administrasi akan dilakukan pada 4 September, diikuti dengan pemberitahuan hasil penelitian pada 5-6 September. Perbaikan administrasi, jika diperlukan, akan dilakukan antara 6-8 September," jelasnya.

Sedangkan untuk penetapan Pasangan Calon (Paslon) yang akan mengikuti Pilkada dijadwalkan pada 22 September mendatang. 

BACA JUGA: Menantang Petahana, Rudy-Seno Resmi Mendaftar ke KPU Pada Hari Terakhir (disway.id)

Kategori :