Sobirin Bagus: Penataan Permukiman Cegah Meluasnya Dampak Kebakaran

Rabu 31-07-2024,18:33 WIB
Reporter : Ben
Editor : Ben


KUTIM, NOMORSATUKALTIM
- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur Sobirin Bagus memberi masukan menghadapi musibah kebakaran. Khususnya langkah preventif mencegah meluasnya dampak pada permukiman.

Sobirin menekankan pentingnya penataan permukiman sebagai langkah preventif mengurangi risiko penyebaran api ke bangunan lainnya.

Meski bencana kebakaran tidak bisa diprediksi, kata dia, langkah-langkah pencegahan seperti menyediakan ruang yang cukup antar rumah sangat penting.

“Oleh karena itu, ketika membangun jalan di permukiman, pastikan jalannya lebar dan rumah memiliki jarak yang memadai satu sama lain,” ujar Sobirin Bagus, Rabu (31/7/2024).

Lebih lanjut, ia juga menyoroti pentingnya beralih dari rumah kayu ke rumah beton di era modern ini. Menurutnya, rumah beton memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap api, menjadikannya pilihan yang lebih aman dibandingkan rumah kayu.

“Di zaman sekarang, saatnya kita mempertimbangkan untuk beralih ke rumah beton. Walaupun semua rumah bisa terbakar, rumah beton lebih tahan api dibandingkan rumah kayu,” ungkapnya.

Sobirin, sekretaris Komisi C DPRD Kutim ini menambahkan bahwa penggunaan kabel yang berkualitas tinggi sangat penting untuk mencegah kebakaran. Ia memperingatkan masyarakat agar tidak menggunakan kabel dengan kualitas yang buruk, meskipun harga barang tersebut mungkin lebih mahal.

“Sering kali masyarakat menggunakan kabel yang kualitasnya tidak memadai, dan ini bisa sangat berbahaya. Pastikan kabel yang digunakan memenuhi standar keamanan, karena penggunaan kabel yang tidak sesuai dapat menambah risiko kebakaran,” jelasnya.

Sobirin juga memberikan perhatian khusus pada rumah-rumah yang saling berdempetan. Ia mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kebakaran di satu rumah dapat dengan cepat menyebar ke rumah-rumah tetangga jika tidak ada jarak yang memadai di antara mereka.

“Melihat kondisi perumahan yang sangat padat seperti perumahan Jokowi, saya khawatir jika terjadi kebakaran, api akan cepat menyebar ke seluruh area karena rumah-rumah berdempetan,” tandasnya.

Dengan memperhatikan saran-saran tersebut, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dan meminimalikan risiko kebakaran dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif. (*/adv/one)

Post View:

Kategori :