Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Telah Tiba di Balikpapan Menuju IKN

Sabtu 10-08-2024,17:45 WIB
Reporter : Salsabila
Editor : Tri Romadhani

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kirab bendera pusaka dan Teks proklamasi yang diterbangkan dari Bandara Halim Perdanakusuma telah tiba, di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, pada Sabtu (10/8/2024) siang.

Karpet merah dibentangkan untuk menyambut kedatangan kirab Bendera Pusaka dan Teks proklamasi.

Kemudian, pesawat Boeing milik TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor A-7305 juga sudah berada di lokasi tersebut.

Kedatangan mereka telah dinantikan oleh 6 orang pasukan kehormatan, serta 38 orang Purna Paskibraka Kalimantan Timur (Kaltim) 2023.

BACA JUGA : Bonus Rp6 Miliar untuk Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik bersama dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadir ditengah acara menyambut kirab Bendera Pusaka.

"Setelah mendarat di Balikpapan, kami telah mempersiapkan prosesi penyerahan bendera pusaka untuk dibawa ke Ibu Kota Nusantara, dengan jumlah 40 pasukan dari Kalimantan Timur," kata Akmal Malik kepada Nomorsatukaltim.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik bersama Kapolda, Pangdam, dan juga BPIP mengawal langsung kirab dari Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diperkirakan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

BACA JUGA : Pastikan Kesiapan Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Kementerian PUPR dan OIKN Ajak Media ke Sepaku

Bagi Akmal, kedatangan duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi di IKN memiliki makna yang mendalam.

"Kami ingin menjadikan peristiwa ini sebagai momentum untuk menunjukkan kesiapan Kaltim, dalam mendukung penyelenggaraan peringatan HUT ke-79 RI di IKN," ujarnya.

Kehadiran duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi, lanjutnya, merupakan sejarah bagi Provinsi Kalimantan Timur. 

“Ini menunjukkan betapa besar perhatian negara terhadap Kalimantan Timur yang sebagian wilayahnya diplot menjadi Ibu Kota Nusantara,” imbuhnya.

Ia pun berharap, agar seluruh rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI di IKN dapat berjalan lancar.

"Kami telah mempersiapkan semuanya dengan baik. Semoga perjalanan Upacara Kemerdekaan di IKN juga berjalan lancar," harapnya.

Kategori :