Polda Kaltim Kerahkan Delapan Satgas untuk Pengamanan HUT ke-79 RI di IKN

Kamis 08-08-2024,14:45 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Tri Romadhani

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM– Untuk memastikan perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) berjalan aman, Polda Kaltim telah menyusun strategi pengamanan menyeluruh. 

Kabag Kerma Roops Polda Kaltim, AKBP Andrias Susanto Nugroho, mengungkapkan bahwa pengamanan akan difokuskan di berbagai titik strategis.

"Pengamanan kami meliputi lokasi-lokasi seperti Bandara Sepinggan Balikpapan, tempat tinggal, hotel, serta jalur yang digunakan untuk mobilisasi menuju IKN," jelas AKBP Andrias pada Kamis (8/8/2024).

BACA JUGA : Stadion Batakan Bakal Jadi Transit Tamu Negara di HUT RI ke-19, Sebelum Bertolak ke IKN

Sebanyak delapan satuan tugas (satgas) akan diterjunkan, termasuk satgas preemtif, preventif, tindak, gakkum, humas, kamseltibcarlantas, dan satgas pengamanan wilayah.

Jalur yang menjadi fokus pengamanan meliputi tol KM 13, tol Manggar, dan tol 38 Samboja, serta jalur distribusi pembangunan IKN dari pintu tol 13, tol Manggar, dan tol KM 13 Samboja yang mencakup dari Sukaraja hingga Kawasan Inti Pusat Pemerintahan.

Jembatan Pulau Balang, yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI, akan memiliki akses jalan terbatas khusus untuk tamu VVIP.

BACA JUGA : Groundbreaking Istana Wapres di IKN Digelar Senin Pekan Depan

"Di sekitar Jembatan Pulau Balang, akan disiagakan sekitar 30 personel untuk mengamankan area selama dan setelah upacara HUT Kemerdekaan RI," tambah AKBP Andrias.

Dia juga menekankan bahwa Polda Kaltim bekerja sama dengan TNI, Satpol PP kota dan provinsi, Dishub, serta pemerintah kota dan provinsi Kaltim untuk memastikan keamanan.

BACA JUGA : Biro Organisasi Evaluasi Perangkat Daerah Kaltim, Ancam Turunkan Nilai jika Dokumen Tidak Sesuai

Sementara itu, Ditbinmas Polda Kaltim juga berkoordinasi dengan tokoh agama, adat, dan masyarakat guna mendukung kelancaran serta keamanan upacara.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur dan stakeholder terkait yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79," pungkas AKBP Andrias.

Kategori :