Hadiah FIFA Senilai Rp 85,6 Miliar di IKN Sudah Hampir Rampung

Senin 05-08-2024,12:00 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM – Pembangunan fasilitas pusat pelatihan (training center) sepak bola di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur kini hampir rampung.

Proyek senilai Rp 85,6 miliar ini merupakan bagian dari program FIFA Forward yang bertujuan untuk mendukung pengembangan sepak bola di Indonesia.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, menyatakan bahwa kemajuan pembangunan pusat pelatihan sepak bola ini telah mencapai sekitar 99 persen. 

"Secara keseluruhan progres pengerjaan pembangunan fase pertama itu sudah 99 persen, dan saat ini furniture mulai masuk," ujar Erick melalui siaran pers, akhir pekan lalu.

BACA JUGA: KemenpanRB: ASN yang Lajang akan Pindah ke IKN Tahap Awal

BACA JUGA: Sudah Mulai Survei, Telkom Rencana Bangun FO di Tower Long Hubung Mahulu

Fasilitas yang Dibangun

Bantuan dari FIFA digunakan untuk membangun dua lapangan sepak bola, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, serta ruang ganti.

Pusat pelatihan ini dilengkapi dengan lapangan yang menggunakan rumput alami dan sintetis. 

Selain itu, fasilitas ini juga memiliki asrama dengan kapasitas 138 orang, terdiri dari 56 kamar ganda untuk pemain, 20 kamar tunggal untuk tim pelatih, dan enam suite untuk pelatih kepala.

Dukungan Dana dari APBN

Selain bantuan dari FIFA, pembangunan pusat pelatihan sepak bola di IKN juga didukung dana senilai Rp 90 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

BACA JUGA: Inflasi Berau Tertinggi di Kaltim, PPU jadi yang Terendah

BACA JUGA: Kontraktor Balikpapan Minta Lebih Diperhatikan, Sekda: Audiensi Saja dengan DPU

Dana ini digunakan untuk pembebasan lahan, pembangunan dua gedung asrama, penataan ruang terbuka hijau (landscape/taman), jalan kawasan, dan area parkir. 

Kategori :