Awas Ledakan Sampah saat Idul Adha, KLHK Estimasi Capai 608 Ton

Minggu 16-06-2024,09:28 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

Penggunaan wadah yang ramah lingkungan tidak hanya membantu mengurangi sampah plastik, tetapi juga mendorong gaya hidup yang lebih berkelanjutan.

 

Dukungan Pemerintah Daerah

Selain imbauan kepada masyarakat, KLHK juga meminta pemerintah daerah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pengurangan sampah plastik. 

BACA JUGA: Samsun Tidak Sependapat Pemberian Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

"Pemerintah daerah diharapkan menyediakan sarana perwadahan dan pengumpulan sampah terpilah di lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban, dan pembagian daging kurban," ujar Vinda.

Pemda juga didorong untuk mengatur pengangkutan sampah tidak hanya di lokasi penyembelihan dan pembagian daging kurban, tetapi juga di berbagai titik pelaksanaan Shalat Idul Adha. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa sampah yang dihasilkan selama perayaan dapat dikelola dengan baik dan tidak mencemari lingkungan.

Partisipasi aktif masyarakat juga sangat diperlukan dalam mengatasi masalah sampah plastik ini. Kesadaran untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan beralih ke wadah yang ramah lingkungan harus terus ditingkatkan.

BACA JUGA: Polda Kaltim Gagalkan Sindikat Peredaran Narkoba Antar Pulau 

Perayaan Idul Adha yang identik dengan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial dapat menjadi momentum untuk menerapkan praktik pengelolaan sampah yang lebih baik.

Dengan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun organisasi, diharapkan masalah sampah plastik dapat diminimalisir. 

Perayaan Idul Adha dapat berlangsung dengan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Kategori :