Patroli Subuh Fokus di Jalan Jenderal Sudirman, Cegah Aksi Balap Liar di Balikpapan

Minggu 31-03-2024,15:20 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Tri Romadhani

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Aksi balap liar yang dilakukan pemuda di Balikpapan masih terjadi dan meresahkan masyarakat serta pengguna jalan.

Terutama pada momentum Bulan Ramadan, dari dini hari hingga menjelang waktu sahur.

Demikian diungkapkan oleh Danyon A Pelopor Kompol Iwan Pamuji pada Minggu (31/3/2024).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan dari masyarakat, mengenai anak muda yang sering balapan liar di seputaran Kota Balikpapan.

BACA JUGA : Bulan Puasa, Pasangan 'Kumpul Kebo' Kepergok Ngamar di Hotel Melati

Dengan adanya laporan dari masyarakat tersebut, jajaran Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melakukan patroli subuh untuk mencegah dampak buruk yang ditimbulkan.

"Para pemuda yang kedapatan nongkrong di wilayah hukum Kota Balikpapan kami berikan arahan agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak baik, apalagi pada bulan Ramadan, yang seharusnya diisi dengan kegiatan-kegiatan baik," ungkap Kompol Iwan Pamuji.

Adapun titik lokasi yang difokuskan dalam patroli ini, Kompol Iwan menjelaskan yaitu pada sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman, dari kawasan Balikpapan Permai hingga Lapangan Merdeka Balikpapan. Karena di lokasi tersebut sering dilakukan aksi balap liar.

BACA JUGA : Antisipasi Penimbunan BBM, Polresta Balikpapan Patroli ke Sejumlah SPBU

Pihaknya juga memberikan imbauan kepada para orang tua untuk lebih ketat dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya.

"Kami ingin mengajak para orang tua untuk mengawasi anaknya agar tidak ikut-ikutan balap liar karena dapat membahayakan nyawa. Baik nyawa sendiri maupun orang lain," ujar Kompol Iwan Pamuji.

BACA JUGA : Kasus Pertamax Palsu Mencuat, Polresta Samarinda Gelar Sidak SPBU

Disisi lain, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Andy Rifai menambahkan, bahwa patroli ini merupakan bagian dari Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), untuk mempersempit ruang gerak tindak kejahatan dan kriminalitas.

“Tindak kejahatan dan kriminalitas tentu sangat meresahkan masyarakat. Jadi KRYD ini untuk mencegah aksi balap liar, tawuran pemuda, maupun warga yang gemar bermain petasan," pungkas Kombes Pol Andy Rifai.

Kategori :