Gelar Media Sharing Session, Apical Group Tingkatkan Pengetahuan Jurnalis Balikpapan

Jumat 15-03-2024,19:53 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Baharunsyah

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – PT Kutai Refinery Nusantara (KRN), bagian dari Apical Group menyelenggarakan sesi berbagi pengetahuan bersama para jurnalis di Balikpapan, di Platinum Hotel Balikpapan, Kamis (14/3/2024) kemarin.

Acara ini dihadiri oleh wartawan dari berbagai media di Balikpapan, baik cetak maupun digital, serta anggota organisasi profesi wartawan. Tujuannya adalah untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kemampuan para jurnalis.

Acara ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Manajer Search Engine Optimization (SEO) Newsroom, Ian Hariananda yang membagikan wawasannya tentang pentingnya SEO dalam kesuksesan media berita online. 

“SEO ini berguna dalam membuat berita agar banyak yang membaca, dan muncul pada traffic di pencarian Google. Sayang kalau beritanya bagus tapi traffic nya sedikit,” ujar Ian.

BACA JUGA:Panglima LMAKB Ajak Solusi Humanis dalam Pembangunan IKN

Lalu, Wakil Pimpinan Redaksi Nasional Sindonews, Dwi Sasongko yang membahas tantangan yang dihadapi media setelah pemilihan presiden.  Dan terakhir, Kepala Komunikasi Korporat RGE, Ignatius Ari Djoko Purnomo yang berbicara tentang operasi RGE dan profesionalisme yang diharapkan oleh perusahaan.

Senior Manager Social, Security, License PT KRN, M Jaya Budiarsa membuka langsung acara tersebut. Ia menekankan pentingnya pertemuan semacam ini, terutama karena Balikpapan mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), yang membutuhkan persiapan media untuk bersaing dengan media nasional.

Budiarsa juga menyoroti fokus PT KRN pada pendidikan melalui kerja sama dengan Tanoto Foundation dan upaya mereka dalam mengatasi stunting di wilayah kerja mereka di Kelurahan Kariangau.

Acara media sharing session ini pun diakhiri dengan penyerahan plakat penghargaan kepada tiga pembicara oleh M Jaya Budiarsa.

Untuk diketahui, Apical Group adalah pemimpin global dalam industri pengolahan minyak nabati, terutama minyak sawit. Grup ini mengelola seluruh rantai pasokan dari hulu ke hilir, termasuk penyulingan, pembuatan, perdagangan, serta pengembangan produk dan penjualan turunan minyak sawit dan produk konsumen. 

Apical juga memiliki operasi yang terintegrasi di lokasi strategis seperti Indonesia, China, dan Spanyol, dan melalui joint ventures, memiliki kehadiran di Brasil, India, Pakistan, Filipina, UEA, USA, dan Vietnam. Apical berkomitmen pada keberlanjutan dan transparansi dalam operasinya, dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupan dan mengembangkan sumber daya secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Nasib Sial Bandar Judi di Balikpapan Diringkus Polisi Saat Menunggu Pembeli

Sedangkan PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) adalah bagian dari Apical Group, yang merupakan salah satu eksportir minyak sawit terbesar di Indonesia. Apical Group telah mengakuisisi KRN, yang berlokasi di Kalimantan Timur, Indonesia. 

Sebagai anggota dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), aset KRN mencakup kilang yang mampu memproduksi 1.500 metrik ton per hari dan diharapkan dapat menggandakan produksinya, serta pabrik biodiesel dengan kapasitas 1.000 metrik ton per hari.

Akuisisi ini memperkuat posisi Apical Group dalam rantai nilai bisnis minyak sawit, mulai dari pengadaan, pemurnian, pemrosesan, hingga perdagangan minyak sawit di pasar domestik dan internasional. Ini juga menunjukkan komitmen Apical Group terhadap keberlanjutan dan peningkatan nilai tambah kegiatan hilir, termasuk produksi turunan minyak sawit yang lebih tinggi.

Kategori :