Menang Clean Sheet Lawan Cagliari, De Rossi Bikin AS Roma Makin Berani

Selasa 06-02-2024,21:45 WIB
Reporter : Baharunsyah
Editor : Baharunsyah

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Klub raksasa ibu kota Italia AS Roma kembali menuai hasil manis dalam lanjutan serie A Giornata ke 23, Selasa 6 Februari 2024 dini hari tadi. Di bawah tangan Daniele De Rossi (DDR), Roma merengkuh kemenangan ke tiga di awal tahun ini.  

Salah satunya menang telak 4-0 kala melawan Cagliari di kandang sendiri dini hari tadi. Masing-masing gol dicetak oleh Capitano Lorenzo Pellegrini, Paulo Dybala dan pemain muda magang yang kini dipinjam dari Juventus, Dean Huijsen. 

Lesakan Pellegrini terjadi di menit ke 2 babak pertama setelah memanfaatkan kebingungan bek Cagliari di areal kotak penalti. Menit 23, Paulo Dybala menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Lagi-lagi memanfaatkan kemelut di depan gawang Cagliari. La Joya kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil mencetak melalui titik putih di menit ke 51. Dengan demikian, La Joya tercatat berhasil mengonversi 10 tendangan penalti berturut-turut menjadi gol di musim ini. 

Gol tambahan Giallorossi kembali dilesakkan oleh pemain muda pinjaman dari Juventus, Dean Huijsen di menit 59 melalui tandukan, memanfaatkan umpan sepak pojok Leandro Paredes. Padahal Huijsen sendiri baru masuk empat menit sebelumnya menggantikan Diego Llorente. Hingga peluit pertandingan dibunyikan, skor tidak berubah. Roma berhasil mencatatkan clean sheet pertama mereka pada pertandingan tahun ini. 

Hasil ini menjadi kemenangan ketiga De Rossi usai ditunjuk menjadi caretaker pelatih sementara AS Roma, pasca dipecatnya Jose Mourinho dari kursi kepelatihan. Sebelumnya De Rossi berhasil memenangkan pertandingan perdananya melawan Hellas Verona (2-1) dan Salernitana (2-1). 

“Saya menyukai pertandingan ini. Hal yang paling saya sukai adalah kami melihat hal-hal di lapangan yang kami garis bawahi dalam latihan selama seminggu,” ucap De Rossi dikutip situs resmi klub. 

“Tentu saja ketika Anda membuka permainan lebih awal, segalanya menjadi lebih mudah, namun kami menjalani dua pertandingan di mana sepertinya kami memegang kendali dan kemudian kami masih menderita. Hari ini kami mengatur permainan dengan cukup baik.”


Pelatih AS Roma Daniele De Rossi.-X/@SerieA_ID-

Pada pertandingan kali ini juga menjadi debut dua pemain anyar, Angelino dan Baldanzi. Terkait penampulan Angelino, De Rossi menyampaikan komentarnya. 

“Saya rasa salah satu aspek terpenting yang ingin saya fokuskan saat ini adalah mengisi area penalti lawan. Itu sangat penting. Angelino memiliki sentuhan ajaib, dan saya terus meminta Cristante untuk lebih berpikiran ofensif karena itu adalah sesuatu yang biasa dia lakukan di Atalanta.”

“Semua orang melakukannya dengan sangat baik dalam memadati area penalti lawan, dan pertahanannya brilian. Masih banyak hal yang harus kami tingkatkan, namun saya puas dengan perkembangan kami,” tandasnya. 

Berbekal hasil ini, AS Roma berhasil melesat ke posisi kelima klasemen Serie A dengan 38 poin, di bawah Atalanta di posisi empat dengan 39 poin. Ujian pertama De Rossi sebagai pelatih akan dibuktikan pada pertandingan selanjutnya melawan pemuncak klasemen, Inter Milan, Minggu 11 Februari 2024 mendatang.

Mampukah DDR mempertahankan kekompakan dan konsistensi tim yang hilang pasca ditinggal Mourinho? 

 

Kategori :