SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Sepanjang libur natal dan tahun baru 2024, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 8,9 persen, dibandingkan rata-rata periode hari normal.
Indosat sendiri saat ini memiliki 172 ribu BTS 4G di seluruh Indonesia. Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyebut tingginya penggunaan kebutuhan digital itu menunjukkan bahwa konsumen masih percaya dengan Indosat. Ia pun membeber peningkatan trafik data sebesar 8,4 persen terjadi pada 24 Desember 2023. Lalu 8,9 persen pada 31 Desember 2023.
Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa. Seperti: Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.
“Sementara di luar Pulau Jawa, kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang paling tinggi,” katanya melalui press rilis.
Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Lalu terjadi pula peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data.
Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.
Desmon menambahkan pula dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif. Yakni melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.
“Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan,” tambahnya.
Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).
Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan. Termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.
Aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang mengesankan.
Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal tahun 2024.