Pokdarwis Jadi Ujung Tombak Maksimalkan Potensi Wisata

Kamis 07-12-2023,07:30 WIB
Reporter : Rizal Mahodtra
Editor : Tri Romadhani

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Ilyas Natsir mengungkapkan, SDM di Berau cukup mumpuni. Namun, masih banyak yang memilih hal lain ketimbang ikut memajukan potensi wisata di kampungnya.

Menurutnya, jika hanya persoalan akses, bisa diperbaiki perlahan. Namun, jika sudah berbicara SDM, memang perlu kesadaran diri.

Namun, ia menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tidak tinggal diam. Demi memaksimalkan potensi sektor wisata. Salah satu yang dilakukan pihaknya, dengan membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis).

"Pokdarwis merupakan ujung tombak dari Disbudpar, yang diharapkan mampu ikut menggeliatkan potensi wisata yang ada," ujar Ilyas, kemarin.

Lanjut Ilyas, potensi wisata di Berau tidak perlu diragukan. Mulai hulu hingga hilir, semua memiliki potensi wisata.

"Seperti di Kelay, ada Kampung Merabu dengan Danau Nyadeng dan Gunung Karst-nya. Kampung Merasa hingga Biduk-Biduk banyak potensi dan destinasi yang dilewati," ujarnya.

“Kalau di Biduk-Biduk itu ada Air Terjun Tiga Bidadari, Pulau Kaniungan Kecil dan Besar, serta Restoran Penyu,” lanjut Ilyas.

Sebelum menuju Biduk-Biduk, ujarnya, wisatawan bisa singgah di Air Panas Bapinang. Di Talisayan ada hiu tutul, susur sungai untuk melihat hutan mangrove.

"Hal itu perlu peran masyarakat untuk membantu mengampanyekan, agar banyak diketahui masyarakat luar, agar menarik wisatawan,” ujarnya. 

Kategori :