Arfan Yakin Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Muara Badak Akan Berdampak Positif bagi Petani

Rabu 04-10-2023,16:07 WIB


--

Kukar, nomorsatukaltim– Melihat potensi besar budidaya rumput laut di Kecamatan Muara Badak, Pemkab Kukar mendorong pembangunan pabrik pengolahan rumput laut di kawasan itu. 

Pun Camat Muara Badak, Arfan, yang melihat proyek ini sebagai langkah besar untuk pengembangan potensi perikanan di wilayahnya.

Arfan memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya Pemkab Kukar dalam membangun pabrik pengolahan rumput laut yang berlokasi di Desa Muara Badak Ulu. 

Dia berharap bahwa pabrik ini akan menjadi wadah yang efektif untuk mengelola hasil produksi petani rumput laut di Kecamatan Muara Badak, mengingat tingginya potensi produksi rumput laut di daerah ini.

"Dukungan penuh kami ada untuk proyek hilirisasi ini, dan kami optimis bahwa pabrik ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi para petani rumput laut di sini," ujar Arfan, Rabu (4/10/2023).

Proses pembangunan pabrik ini telah dimulai sejak tahun 2021 oleh Pemkab Kukar, dan saat ini tinggal menunggu pengadaan mesin pengolahan rumput laut. Fasilitas fisik pabrik tersebut sudah selesai dibangun.

Pabrik pengolahan rumput laut ini memiliki tujuan utama, yaitu meningkatkan perekonomian petani rumput laut di Kukar melalui pendekatan hilirisasi dalam sektor perikanan.

Dengan adanya pabrik ini, diharapkan harga dan stabilitas komoditas rumput laut di wilayah tersebut akan meningkat.

Sementara itu, menurut Ramlan, ketua Pokdakan Salok Sumbala Sejahtera Muara Badak, di wilayahnya terdapat 70 kelompok petani yang terlibat dalam budidaya rumput laut.

Sekitar 4 ribu hektare perairan, kata dia, yang potensial untuk budidaya rumput laut, dengan 1 ribu hektare di antaranya sudah aktif dikelola. 

Program ini juga direncanakan akan diperluas ke kecamatan tetangga, seperti Anggana, yang memiliki sekitar 2 ribu hektare perairan yang berpotensi untuk dikembangkan.

"Kami berharap pabrik ini dapat segera beroperasi sehingga petani rumput laut di Kecamatan Muara Badak dan sekitarnya dapat merasakan peningkatan kesejahteraan," tutupnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Kategori :