Indonesia Promosikan Produk Perikanan di Cina

Rabu 07-06-2023,17:17 WIB
Reporter : Rudi Agung
Editor : Rudi Agung

Nomorsatukaltim.com - KBRI Beijing berkolaborasi dengan KJRI Guangzhou dan ITPC Shanghai yang didukung KPw Bank Indonesia di Beijing, aktif mempromosikan produk perikanan dan hasil laut Indonesia. Hal itu dilakukan saat pameran di Fuzhou International Fisheries Expo (FIFE), sejak tanggal 2-4 Juni 2023 di Kota Fuzhou, Provinsi Fujian, China. KBRI Indonesia menyambut baik partisipasi Indonesia di pameran ini. “Karena dapat menjadi platform peningkatan hubungan kerja sama kedua negara di sektor perikanan," ujar Konsul Jenderal RI di Guangzhou, Ben Perkasa Drajat, melalui keterangan resminya, Selasa (6/6/2023). Di pameran itu, Indonesia turut mempromosikan produk perikanan dan hasil laut unggulannya. Perusahaan yang ikut dalam pameran itu, menurut Ben, ada delapan. Perusahaan Indonesia itu bergerak di sektor hasil laut dan makanan ringan berbahan produk kelautan. Ben menjelaskan, China termasuk pasar strategis produk perikanan dan hasil laut Indonesia. Ekspor Indonesia pada 2022 mencapai 1,12 miliar dolar AS. Provinsi Fujian menjadi salah satu pintu masuk utama produk perikanan dan pertanian dari Indonesia ke China. Ekspor produk perikanan dan hasil laut Indonesia yang masuk ke China melalui Fujian pada 2022 mencapai 267,7 juta dolar AS atau meningkat 33,9 persen dibanding tahun 2021. Atase Perdagangan pada KBRI di Beijing, Budi Hansyah mengatakan bahwa banyak pengusaha China yang berminat mengimpor produk laut, terutama teripang dari Indonesia. Bahkan, Pusat Promosi Perdagangan Indonesia di Shanghai mencatat nilai transaksi yang disepakati antara pengusaha China dan Indonesia selama pameran di Fuzhou itu mencapai 2,5 juta dolar AS. "Selama pameran, banyak buyer potensial dari China yang berminat untuk mengimpor produk rumput laut dan teripang dari Indonesia," ujar Budi Hansyah. Ekspor produk perikanan dan hasil laut Indonesia ke China sempat mengalami hambatan selama pandemi. Pameran FIFE ini dapat menjadi sarana revitalisasi ekspor produk perikanan Indonesia ke Negeri Tirai Bambu. Melalui kehadiran Paviliun Indonesia diharapkan, dapat memperkenalkan lebih banyak lagi produk ekspor unggulan perikanan dan hasil laut Indonesia. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait