Koperasi Sawit Swadaya di Paser Kantongi Sertifikat RSPO

Senin 03-04-2023,18:25 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Achmad Syamsir Awal

Paser, Nomorsatukaltim.com - Kali pertama sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) diperoleh koperasi swadaya yang terdapat di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser, Djoko Bawono mengatakan yang memperoleh sertifikat RSPO yakni Koperasi Produsen Berkah Taka Mandiri.

Diinformasikan Koperasi Produsen Berkah Taka Mandiri membawahi sekira 250 petani swadaya yang terdapat di Kecamatan Long Ikis. RSPO merupakan organisasi nirlaba yang mempersatukan para pemangku kepentingan berasal dari tujuh sektor di industri kelapa sawit.

Yakni pekebun kelapa sawit, pengelola atau penjual minyak kelapa sawit, produsen barang dan konsumen, peritel, bank, investor, LSM konservasi lingkungan dan LSM sosial untuk mendorong minyak kelapa sawit berkelanjutan.

"Pekebun sawit swadaya bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari sistem RSPO ini," ucap Djoko Bawono, Senin (3/4/2023).

Keuntungannya, koperasi dapat menjual minyak sawit ke perusahaan besar karena standar produksi minyak sawit yang dihasilkan sudah sama dengan hasil perusahaan perkebunan.

"Harga jual yang didapatkan lebih tinggi," sambung dia.

Menurut Djoko, dengan mengelola lahan bersertifikasi RSPO, otomatis harga jual yang diterima dapat lebih tinggi mengingat semua hasil produksi terukur kuantitas dan kualitasnya.

Selanjutnya, hasil produksi kebun kelapa sawit cenderung meningkat. Proses sertifikasi ini mendorong pekebun sawit swadaya belajar banyak hal dalam pengelolaan kebun sawit.

"Beberapa hal yang mereka pelajari seperti pencatatan transaksi buah, pengembangan dan pemberlakuan SOP, serta pembuatan Sistem Kendali Internal (SKI), mampu meningkatkan efisiensi biaya produksi. Akhirnya, pendapatan yang diperoleh turut meningkat," tandasnya.

Berhasilnya salah satu koperasi ini, ia berharap koperasi pekebun sawit swadaya lainnya melakukan hal serupa, supaya harga jual yang diterima petani dapat lebih tinggi dan stabil. (*)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Tags :
Kategori :

Terkait