Peresmian Wisata Kuliner, Ketua DPRD Singgung Penerangan Jembatan

Rabu 22-03-2023,13:21 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Achmad Syamsir Awal

Paser, Nomorsatukaltim.com - Secara resmi wisata terpadu kuliner Sungai Tuak telah dibuka untuk umum. Hal itu usai diresmikan Bupati Paser Fahmi Fadli pada Selasa (21/3/2023) malam.

Diketahui ikon baru di Kabupaten Paser itu terdapat 60 kios kontainer, baik bertingkat maupun non tingkat yang disediakan. Peresmian juga dihadiri Ketua DPRD Paser, Hendra Wahyudi.

Terlepas dari telah dimanfaatkannya wisata terpadu, Hendra meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser untuk adanya penghijauan, sehingga di areal tersebut tak terlihat gersang, khususnya saat siang hari.

"Ya ada dilakukan penghijauan dengan tanaman atau pepohonan," kata Hendra Wahyudi, usai peresmian wisata kuliner.

Selain itu menambah penerangan, baik untuk kawasan wisata terpadu maupun jembatan. Sekadar diketahui, kawasan kuliner itu jika dari Kelurahan Tanah Grogot menuju Desa Sungai Tuak harus melewati Jembatan Putri Petung.

Jembatan yang berdiri kokoh di atas Sungai Kandilo itu jika malam hari minim penerangan. "Sama ada penambahan lampu di jembatan, bisa secara bertahap," sebutnya.

Hadirnya wisata terpadu Sungai Tuak dikatakan Hendra, sebagai salah satu mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner lokal. Dirinya meminta instansi terkait melakukan pembinaan.

"Dilatih bagaimana menawarkan, memasarkan dan membuat brand produk. Bahkan hingga mengurus HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) atas produknya," pesannya.

Selain area kuliner juga terdapat panggung terbuka. Diperuntukkan untuk even kesenian, stand up comedy. Diketahui kawasan wisata terpadu memiliki luasan 19.655 meter persegi.

Fasilitas lainnya terdapat toilet, parkir, lapangan olahraga, futsal, tenis lapangan, playground, fitness outdoor, skateboard, lapangan basket, voli dan dermaga. Pengerjaan lainnya dilakukan bertahap yang terbagi 4 segmen.

"Mari kita jaga bersama wisata terpadu ini dengan segala fasilitas yang ada," pungkas Hendra. (adv)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Tags :
Kategori :

Terkait