Bahas Pariwisata Kutim dalam Camping Pemuda

Jumat 22-10-2021,16:04 WIB
Reporter : admin12_diskal
Editor : admin12_diskal

Kutim, nomorsatukaltim.com – Memiliki potensi wisata alam yang luar biasa, Kutai Timur (Kutim) dianggap bisa menjadi destinasi wisata berskala nasional.

Kondisi itu yang membuat beberapa komunitas pencinta alam bergerak. Arena diskusi untuk pariwisata pun digagas dengan bentuk Camping Pemuda.

Ada puluhan komunitas dan organisasi yang terlibat dalam agenda itu. Semuanya mengusung kemajuan pariwisata di Kutim yang dinilai belum banyak terekspos. Gagasan tersebut disatukan dengan simbol #Visit Kutim. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutim.

Baca juga: Target PAD Wisata Balikpapan Kurang Rp 3 M, Kenapa Begitu? Salah satu pencetus agenda ini, Ibnu Mahaddir menjelaskan, secara teknis acara ini untuk menyatukan pandangan para komunitas pecinta alam di Kutim. Terutama untuk mengeksplorasi potensi wisata di Kutim dengan tujuan yang sama.

“Yaitu mendorong potensi wisata alam agarlebih dikenal,” ucap Ibnu, pada sesi jumpa pers di halaman kantor Disway Kaltim Biro Kutim, Kamis (21/10/2021) malam.

Pria yang tergabung dalam komunitas My Trip My Adventure ini merasa perlu mengumpulkan para komunitas ini. Agar tiap aktivitas dari seluruh komunitas berjalan di koridor yang sama. Maka muncul ide untuk menggelar Camping Pemuda ini dan digelar Sabtu (23/10/2021) besok di Pantai Kenyamukan.

“Jadi tidak hanya sekedar berkemah saja. Tapi kami coba buka sesi diskusi membahas langkah memajukan pariwisata di Kutim,” imbuhnya.

Sejauh ini, para komunitas cukup sering menjelajah Kutim. Namun tempat-tempat yang telah didatangi itu tidak semua orang mengetahui. Ditambah masih sulitnya akses untuk menjadikan lokasi tersebut destinasi wisata.

“Maka dari hal tersebut, agenda ini kami buat. Ada sesi berbagi pengalaman dari tiap komunitas. Dan akan dipilah mana yang layak jadi destinasi wisata,” tuturnya.

Kemudian hasil diskusi itu akan menjadi masukan pula bagi Pemkab Kutim. Paling tidak dapat terpetakan wilayah mana yang layak dikembangkan jadi tempat wisata. Diharapkan ada kolaborasi dengan pemerintah untuk memajukan pariwisata Kutim.

“Saat ini yang lagi ramai adalah air terjun Narkata Rimba di Kecamatan Muara Wahau. Belum lagi beberapa pantai yang cukup layak jadi tempat wisata,” katanya.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kutim, Felly Lung mengatakan, kolaborasi KNPI dengan komunitas pecinta alam ini menurutnya sangat strategis. Karena memiliki tujuan yang jelas untuk mengangkat pariwisata Kutim.

“Dari agenda ini kami juga memaknai momentum hari sumpah pemuda. Kami dari KNPI sangat mendukung acara ini dan mengapresiasi,”ucap Felly.

Ia memastikan acara ini bukan seremonial belaka. Sebab bakal muncul gagasan dan terobosan terkait pengelolaan pariwisata dan juga kepemudaan. KNPI juga ambil bagian pada acara ini mengenai peran pemuda saat ini.

“Ada nilai positif dan bakal berjalan berkelanjutan. Maka dari itu kami mendukung acara ini,” tandasnya. (bct/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait