Dua Menteri Tinjau Konsesi HTI di Sepaku, Konstruksi Dimulai Tahun Depan

Rabu 02-10-2019,15:13 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (dua kanan) bersama Menteri ATR/Kepala BPN Sofyam Djalil (dua kiri) dan Gubernur Kaltim Isran Noor (kanan) meninjau lahan konsesi HTI PT. IHM, Sepaku, PPU. (Ariyansah/Disway Kaltim). 

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, meninjau lokasi ibu kota negara.

Mereka memantau langsung daerah konsesi hutan tanaman industri (HTI). Milik PT ITCI Hutani Manunggal, Rabu, (2/10/2019).

Daerah konsesi HTI ada di wilayah Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Kedua menteri, datang bersama rombongan. Didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor dan jajaran Pemprov Kaltim.

"Kita melihat-lihat kondisi lahan untuk ibu kota," kata Menteri Bambang Brodjonegoro, didampingi Sofyan Djalil dan Isran Noor. Namun, daerah ini bukan menjadi sentral pemerintahan.

Kelurahan Pemaluan yang dikunjungi ini, dikatakan Bambang, kemungkinan jadi daerah pengembangan. Karena kondisi lahan bergelombang. Sedangkan inti pemerintahan tetap di Sepaku. Namun di tempat berbeda. Selain Pemaluan.

Dari informasi yang dihimpun Diswaykaltim, rencananya pusat pemerintahan dan Istana Negara berada di Desa Telemow, yang masih di Kecamatan Sepaku.

"Karena nanti daerah inti adalah yang datar. Tapi intinya, karena ini tanah negara dengan konsesi HTI, maka kami yakin tahun depan proses konstruksi sudah bisa dimulai," ungkapnya.

Hingga kini, Bambang belum membeberkan wilayah mana saja di Sepaku yang menjadi inti, atau dibangun pusat pemerintahan.

"Yang pasti, ada suatu kawasan di Kecamatan Sepaku. Kondisi lahannya datar," ujarnya.

Sebelum berkunjung ke konsesi HTI itu. Bambang, Sofyan Djalil dan Isran Noor serta rombongan meninjau progres pembangunan jembatan Pulau Balang, Rabu pagi. (sah)

Tags :
Kategori :

Terkait