Gawat ! Air Laut Masuk Mahakam, PDAM Tidak Produksi Air Bersih

Senin 16-09-2019,18:03 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Kadar Ph Air Mahakam akibat intrusi air laut. (istimewa)

==========

Samarinda, DiswayKaltim.com - Musim kemarau yang melanda membuat air laut masuk ke Sungai Mahakam (intrusi). Fenomena tersebut membuat Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM di Anggana tidak melakukan produksi selama tiga hari.

Produksi terhambat sejak Jumat  (13/9/2019) hingga Minggu (15/9/2019). Hal demikian disampaikan Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim, Wiwit Guritno. Beruntungnya mulai hari ini (16/9/2019), produksi air bersih sudah kembali normal.

Masuknya air laut ke Sungai Mahakam diakibatkan musim kemarau. Debit air Sungai Mahakam berkurang. Ditambah dengan air laut pasang. Apalagi, Samarinda merupakan dataran rendah. Tapi, untuk Samarinda, PH nya masih normal. Masih di sekitar 1.000 ppm.

“Samarinda ini berada di dataran rendah. Jadi, kalau musim kemarau seperti ini, besar kemungkinan air laut bakal masuk ke mahakam. Apalagi, kemarin kan air pasang. Karenanya PDAM disana (Anggana) tidak produksi air bersih selama tiga hari,” katanya saat ditemui DiswayKaltim.com di Kantor DLH Kaltim, Jalan MT Haryono, Senin (16/9/2019).

Tidak hanya berdampak pada ketersediaan air bersih untuk kemasyarakat, intrusi air laut ini juga dapat berdampak buruk terhadap ekosistem yang berada di bawah air Sungai Mahakam. (mic/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait