Pembangunan Jalan Oloy Kukar Sudah 80 Persen

Selasa 20-10-2020,18:49 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kukar, nomorsatukaltim.com - Jalan Oloy di Desa Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai terus berprogres. Ruas jalan sepanjang 8,5 kilometer ini disebut telah mencapai 80 persen. Dan ditarget rampung pada pertengahan Desember 2020 mendatang.

Jalan Oloy ini bisa dikatakan sebagai akses jalan penting. Tidak hanya menghubungkan beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar) saja. Tapi juga akses yang menghubungkan ke kecamatan di Kutai Barat (Kubar). Total ada 13 kecamatan di Kukar yang akan saling terhubung. Dua kecamatan di Kubar.

"Jalan Oloy itu selain mempermudah akses distribusi barang dan orang, juga untuk memperpendek jarak," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono, Selasa (20/10/2020).

Sunggono yang ikut dalam rombongan Plt Bupati Kukar dan DPRD Kukar. Cukup mengapresiasi perkembangan pembangunan jalan tersebut. Hal ini diharapkan bisa memenuhi harapan masyarakat Kecamatan Muara Muntai. Yang sudah puluhan tahun menanti akses jalan ini.

Selain ruas jalan sepanjang 8,5 kilometer tadi. Pembangunan juga dilakukan pada beberapa jembatan kecil penghubung. Total 6 buah jembatan. Dengan bentang sepanjang 7 meter. Sepaket dengan pengerjaan ruas jalan.

Diketahui, pengerjaan Jalan Oloy dialokasikan dalam APBD Kukar 2020. Menghabiskan anggaran sekitar Rp 17 miliar.

"Semoga warga bisa nyaman beraktivitas dan ekonomi semakin lancar," pungkas Sunggono.

Sebelumnya, legislator yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Muara Muntai, Sopan Sopian. Menjelaskan saat ini pengerjaan dalam tahap penurapan, di sisi kiri-kanan badan jalan. Hal ini sebagai upaya mengurangi potensi abrasi.

"Ini jadi akses jalan utama, dan menjadi aspirasi masyarakat," ujar Sopan.

Ini juga menjadi peningkatan kualitas akses jalan di Kukar. Tentunya juga langkah dalam memastikan interkoneksi jalan antar kecamatan bisa segera terhubung. (mrf/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait