Lima Tips Menjaga Ponsel dari Peretasan

Jumat 04-09-2020,11:40 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

"Tapi yang juga jarang menjadi perhatiaan adalah tidak aware-nya kita. Misalnya, dalam install aplikasi yang tidak resmi. Karena kemungkinan, bisa disusupi aplikasi jahat malware di dalamnya," ungkap Hario.

Untuk itu, ia berpesan agar masyarakat semakin meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan. Untuk meminimalisir peluang tindak kejahatan cyber crime. Di antaranya adalah tidak melakukan transaksi yang sifatnya finansial. Pada jaringan wifi publik. Karena beberapa tidak memiliki enkripsi data dan probabilitas celah keamanannya, cukup besar dimanfaatkan pihak yang tidak berwenang.

Pastikan melakukan update software pada browser dan aplikasi anti virus pada ponsel yang digunakan untuk update patch security. Bagi ponsel android, ungkap Hario, kebanyakan pengguna tidak aware tentang penggunaaan fitur kemananan akun googlenya. Seperti pemeriksaan keamanan. Dimana pengguna, bisa melihat sandi yang tersimpan atau dibobol. Dan bagaimana verifikasi 2 langkah dilakukan atau melihat akses pihak ke 3 yang berisiko.

"Cek perangkat yang sedang login dengan akun google kita. Dan cek kalau ada peristiwa keamanan yang terjadi di history. Kesemuanya adalah tindakan prefentif untuk menjaga keamanan data pada ponsel android," terang Hario.

Ia juga menggarisbawahi perlunya edukasi dan meningkatkan kepedulian keamanan data pribadi untuk terhubung ke aplikasi.  (krv/yos)

Tags :
Kategori :

Terkait