Pelatihan Housekeeping di Pulau Derawan Dorong Layanan Wisata Sesuai Standar Nasional
Pelatihan Housekeeping di Pulau Derawan Dorong Layanan Wisata Sesuai Standar Nasional.-istimewa-

Banner Diskominfo Berau 2025--
BERAU, NOMORSATUKALTIM – Pulau Derawan terus berbenah demi mengukuhkan diri sebagai destinasi wisata kelas dunia.
Salah satu langkah strategis ditempuh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau dengan menggelar Pelatihan Housekeeping Standar Nasional yang menyasar pelaku usaha jasa pariwisata di sektor akomodasi.
Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, 24–25 Juni 2025, di Kampung Pulau Derawan ini diikuti 20 peserta.
Mereka terdiri atas pengelola homestay, penginapan, hingga hotel yang beroperasi di kawasan Pulau Derawan dan sekitarnya.
Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir, melalui Kepala Bidang Bina Usaha Jasa Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nurjatiah, menegaskan pelatihan ini penting untuk menjamin layanan akomodasi sesuai standar yang berlaku.
“Tujuannya agar para pelaku usaha pariwisata mampu memberikan pelayanan prima sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga wisatawan mendapatkan pengalaman menginap yang profesional dan memuaskan,” ujar Nurjatiah.
Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan amanat UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Berau 2021–2025.
Fokus utamanya ialah meningkatkan keterampilan para room attendant atau petugas kebersihan kamar, agar kualitas layanan semakin kompetitif.
Selain mendorong peningkatan profesionalisme, pelatihan juga diharapkan memberi dampak ekonomi langsung bagi masyarakat lokal.
Wisatawan yang merasa nyaman saat menginap akan memperpanjang masa tinggal, meningkatkan perputaran ekonomi, serta memberi kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pajak akomodasi.
“Pariwisata Berau tidak hanya indah secara alam, tetapi juga harus unggul dalam layanannya. Dengan begitu, destinasi kita semakin memikat,” jelasnya.
Pelatihan ini juga menjadi bagian dari strategi Disbudpar mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU), seperti peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, peningkatan rata-rata lama tinggal, serta kepuasan wisatawan terhadap layanan akomodasi.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

