Kakam Harus Paham Tupoksinya

Kakam Harus Paham Tupoksinya

BUPATI Berau Muharram memberikan arahan saat membuka orientasi tugas pemerintahan kampung, bagi kepala kampung di Ruang Sangalaki Setkab Berau.

Tanjung Redeb, Disway – Orientasi tugas pemerintahan kampung, bagi kepala kampung digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Rabu (15/7).

Kegiatan digelar di Ruang Rapat Sangalaki Setkab Berau itu, dihadiri dan dibuka Bupati Berau, Muharram.

Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir dalam laporannya menyampaikan, orientasi bagi kepala kampung dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan menyatukan persepsi dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung.

Selama kegiatan orientasi akan diberikan materi dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) maupun dari Dinas Pertanahan, berkaitan dengan penerbitan dokumen lahan.

Bupati Berau Muharram, dalam arahannya menekankan pentingnya pelaksanaan orientasi tugas pemerintahan kampung bagi kepala kampung yang juga dapat diimplementasikan kepada seluruh perangkat pemerintahan kampung.

Dengan memahami akan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang telah ditetapkan tentu akan memudahkan kepala kampung dalam melaksanakan pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga dalam pelaksanaan pada akhirnya kita harapkan tidak ada masalah, baik dalam pengelolaan kegiatan dan keuangan maupun dalam melaksanakan kewenangan,” ungkapnya.

Kepala kampung ditegaskan Muharram, memiliki tugas tidak hanya menjalankan pemerintahan, tetapi juga harus bisa melayani dan mengayomi masyarakatnya. Kepala kampung adalah orangtua bagi seluruh masyarakat di wilayahnya.

Sehingga dalam menjalankan tugas kepala kampung harus selalu menjadi teladan dalam kehidupannya bagi masyarakat.

“Jadi kepala kampung harus bisa menjadi orangtua, jangan sampai menjadi pemimpin yang susah berkomunikasi dengan masyarakatnya. Kita harus selalu mengayomi dan ayah bagi masyarakatnya,” jelasnya.

Selain itu sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tingkat kampung. Kepala kampung dikatakan Muharram juga harus bisa membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintahan di atasnya.

Baik dengan pemerintah kecamatan, maupun dengan pemerintahan kabupaten.

Hingga ke pemerintah provinsi maupun pusat.

Kepala kampung harus bisa membangun komunikasi yang baik. Hal ini penting, karena banyak harapan masyarakat yang juga perlu ditindaklanjuti melalui program dan kegiatan dari pemerintah yang lebih tinggi. Aktif berkomunikasi dengan seluruh OPD terkait, menurutnya harus terus dilakukan.

“Dengan komunikasi aktif dengan pemerintahan di atasnya, maka bisa menyampaikan apa yang perlu menjadi perhatian serius di kampung untuk bisa diselesaikan bersama dengan pemerintahan yang lebih tinggi,” tandasnya. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: