SK Merah untuk Lima Daerah

SK Merah untuk Lima Daerah

Ungkapan itu tepat. Dunia politik selalu dinamis. Kata diusulkan, direkomendasikan, diumumkan dan kemudian terakhir munculnya surat keputusan (SK), merupakan tahapan yang membuat para bakal calon sport jantung. Segala cara ditempuh untuk mendapatkan SK.  

-----------------

KALI ini, final. DPP PDI Perjuangan (PDIP) sudah menerbitkan surat keputusan (SK) rekomendasi bakal calon (Bacalon) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) di beberapa kabupaten/kota. Yakni Balikpapan, Bontang, Kubar, Paser dan Kukar.

Ketua DPD PDIP Kaltim, Irjen Pol (Purn) Safaruddin membenarkan itu. Ketika dikonfirmasi media ini, Selasa (14/7) siang. "Oh iya. Benar," kata Safaruddin, yang juga anggota Komisi III DPR RI itu.

Tak ada perubahan nama bacalon usungan untuk empat daerah. Dari pengumuman Februari lalu di kantor DPP PDIP. Hanya ada penambahan nama untuk kandidat pasangan calon di Kutai Kartanegara (Kukar). Sekitar lima bulan lamanya dari pengumuman hingga keluarnya SK. Selama masa itu, bisa saja berubah.   

Februari lalu, DPP PDIP telah mengumumkan bakal pasangan calon (Bacalon) pada pilkada Balikpapan. Yakni Rahmad Mas’ud dan Thohari Aziz. Tapi baru berupa pengumuman. Belum ada surat keputusan (SK).

Sehari berselang. Partai Golkar Balikpapan baru membuka penjaringan bakal calon. Banyak yang mendaftar ketika itu. Termasuk Thohari Aziz. Ketua DPC PDIP Balikpapan itu melamar sebagai bakal calon wakil wali kota. Selaras dengan yang diumukan DPP PDIP bahwa Thohari menjadi pendamping Rahmad Mas’ud sebagai bacalon Balikpapan 1.

Sementara itu, Partai Golkar Kaltim mulai sibuk menjelang persiapan musyawarah daerah memilih ketua. Rudi Mas’ud, adik Rahmad, ikut dalam bursa pemilihan itu. Setelah Rudi terpilih aklamasi pada 15 Maret lalu, baru keluar pernyataan untuk mencari wakil Rahmad.

Dan pada 12 Juni kemarin, Partai Golkar baru mengumumkan pasangan yang akan diusung. Hasilnya sama dengan PDIP, yakni Rahmad dan Thohari.  

Sementara itu untuk Kukar, pada Februari lalu, PDIP belum mengumumkan pasangan calon. Padahal Edi Damansyah, sang petahana, beberapa kali bertemu dengan Safaruddin, ketua DPD PDIP Kaltim. Ketika itu, Safar mengaku, PDIP belum mau mengumumkan Edi lantaran belum ada pasangan resminya.

Kini, SK rekomendasi PDIP untuk Pilkada Kukar sudah resmi keluar. "Kukar juga sudah (terbit). Pak Edi Damansyah, berpasangan dengan Pak Rendi (Rendi Solihin)," bebernya.

Rencananya, SK yang kabarnya ditandatangani Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri itu, akan diserahkan setelah hari Jumat. "Karena Jumat itu, ada pertemuan virtual. Jadi, setelah hari Jumat saya serahkan (ke masing-masing bacalon)," tambah mantan Kapolda Kaltim tersebut.

Sementara bacalon usungan untuk kabupaten/kota lainnya, akan diumumkan dalam waktu dekat. Sebab saat ini, para bacalon yang akan diusung masih dalam proses survei. Seperti di Kutim dan Samarinda. "Belum. Masih proses. Kan belum (masuk tahapan) pendaftaran (ke KPU) juga," selorohnya.

PERTEMUAN DUA PARTAI BESAR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: