Persiapan Idul adha Dibahas

Persiapan Idul adha Dibahas

MENJELANG peringatan Hari Raya Iduladha 1441 H, Pemkab Berau bersama instansi terkait mengelar rapat persiapan.

Tanjung Redeb, Disway – Jelang Hari Raya Iduladha 1441/2020 dan penyembelihan hewan kurban, Pemerintah Kabupaten Berau, bersama instansi terkait menggelar rapat persiapan, Selasa (14/7).

Dalam rapat yang dipimpin Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali, banyak hal yang dibahas. Terutama teknis pelaksanaan pada saat hari H. Di mana situasi yang dihadapi saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pandemik COVID-19. Apalagi kembali terjadi penambahan kasus positif.

Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali mengatakan, rapat persiapan ini merupakan tahap pertama yang dilaksanakan.

Dalam waktu dekat akan ada rapat lanjutan bersama dengan Bupati Berau Muharram, sebelum dikeluarkannya surat edaran.

“Ada beberapa kesimpulan dalam rapat ini, pertama Iduladha kami usulkan ke Pak Bupati agar tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, karena ada tambahan positif,” jelasnya.

Kemudian dalam pelaksanaan salat Iduladha nantinya, para pengurus masjid akan diarahkan memberikan tanda untuk salat. Dengan memperhatikan jarak antara jemaah di masjid.

Sehingga intensitas dalam berinteraksi secara masif bisa dikurangi.

“Supaya tetap terjaga nantinya,” imbuhnya.

Selain itu, untuk mengatasi terjadinya penyebaran virus, para jemaah yang datang akan diperiksa sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, seperti pemeriksaan suhu tubuh serta wajib menggunakan masker.

“Kami juga arahkan agar ada absensi kepada para jemaah yang datang. Ini sebagai upaya untuk melakukan tracking jika terjadinya penyebaran.

Sehingga lebih mudah terlacak. Lengkap nantinya dengan nomor HP,” katanya.

Diarahkan juga, agar Dinas Pertanian dan Peternakan bisa melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum dan sesudah pemotongan untuk memastikan kesehatan dari hewan yang akan disembelih. “Nanti akan dibuat surat edaran setelah rapat pembahasan bersama bupati selesai,” pungkasnya. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: