Pemohon AK-1 Melonjak

Pemohon AK-1 Melonjak

Risdauli

Tanjung Redeb, Disway - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau mencatat, permohonan pembuatan kartu kuning (AK-1) paling banyak pada Juni lalu.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Berau, Risdauli Sinaga, mengatakan pada Juni lalu, lebih dari 1.000 permohonan pembuatan kartu kuning.

Sementara itu, pada Januari dan Februari lalu, sebanyak 521 pemohon, Maret sebanyak 462 pemohon, April 66 pemohon, dan Mei 56 pemohon. Sedangkan pada 2018 lalu, pihaknya mencatat sebanyak 8.359 pemohon, dan di 2019 sebanyak 5.692 pemohon.

“Dari data memang terjadi penurunan, karena kemarin pelayanan kami sempat tidak maksimal, karena pandemik (COVID-19) mengharuskan bekerja dari rumah,” ujarnya, Selasa (14/7).

Meningkatnya permohonan pembuatan kartu kuning itu, kata Risdauli, bertepatan dengan kelulusan pelajar SMA dan SMK. “Menjadi hal umum ada peningkatan saat ada kelulusan. Yang sarjana-sarjana baru lulus di akhir tahun dan awal tahun, juga bisa menyebabkan peningkatan,” katanya.

Selain kelulusan, penyebab lainnya karena ada PHK suatu perusahaan di Berau. Awal Juni lalu, yang mengakibatkan peningkatan jumlah pencari kerja. */RAP/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: