Usul Masuk MYC

Usul Masuk MYC

Grafis

Tanjung Redeb,Disway – Penanganan perbaikan tiga ruas jalan provinsi, khususnya akses menuju pesisir selatan Berau diusulkan wakil rakyat di Bumi Batiwakkal masuk dalam program tahun jamak atau Multi Years Contrack (MYC).

Penanganan perbaikan akses jalan Tanjung Redeb-Talisayan sepanjang 151,28 kilometer (Km), membutuhkan anggaran sekira Rp 459.520.000.000. Sehingga, pengerjaan menggunakan metode MYC dinilai menjadi solusi tepat percepatan perbaikan.

Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman memaparkan, akses jalan pesisir selatan Berau baru 3,4 Km dengan persentase sekira 2,2 dalam kondisi baik, sedang 78,2 Km atau 51,7 persen, rusak ringan 33,8 Km atau 22,4 persen dan rusak berat 35,9 persen atau 23,7 persen dari total panjang 151,28 Km. (selengkapnya lihat grafis)

“Sehingga penuntasan jalan membutuhkan proses cukup panjang, karena anggaran yag dibutuhkan tidak sedikit,” katanya kepada Disway Berau, Selasa (14/7).

Lanjut politisi PKS ini, berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) 2020, ruas jalan pesisir selatan Berau kembali mendapatkan perbaikan 2,570 Km, dengan anggaran Rp 30 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim.

Seharusnya, kata Dia, penanganan jalan pesisir mendapatkan anggaran sekira Rp 100 miliar dari dua sumber pembiayaan, yakni APBD provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Akibat COVID-19, DAK ditarik pemerintah pusat dan provinsi melakukan pemotongan belanja bantuan keuangan dan dana bagi hasil sebesar 50 persen.

Namun, pemotongan anggaran yang dilakukan Pemprov Kaltim sekira Rp 15-20 miliar akan coba diperjuangkan untuk dialokasikan di APBD Perubahan 2020.

“Harusnya hanya Rp 25 miliar, kami perjuangkan bersama Pemkab Berau dan DPRD Provinsi, sehingga anggaran ditambahkan. Mudahan di ABT pemotongan itu bisa kami rebut kembali,” terangnya.

Sementara 2021, perbaikan jalan dianggarkan sekira Rp 64 miliar dari APBD Kaltim, sedangkan DAK Rp 76,8 miliar. Dengan jumlah total anggaran tersebut, dapat mengakomodir perbaikan jalan sekira 11,4 Km.

“Mudahan penganggaran berlanjut tiap tahun,” harapnya.

Untuk penanganan jangka panjang, Komisi III DPRD Berau mengusulkan perbaikan jalan yang memerlukan anggaran cukup besar, dapat dimasukkan kedalam program MYC oleh Pemrov Kaltim.

“Itulah yang kami coba dorong ke provinsi agar usulan ini direalisasikan, memberikan perhatian lebih, dengan harapan program ini dapat tuntas dalam tiga tahun kedepan,” ucapnya.

Dikatakan Sakirman, ruas jalan menuju beberapa kecamatan di pesisir sangat vital dan dibutuhkan fungsinya dalam menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari. Dengan percepatan pembangunan infrastruktur akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, perekonomian, sektor pariwisata maupun potensi lainnya, yang selaras dan sinergi dengan program prioritas pemerintah provinsi hingga pusat.

“Karena akses jalan yang baik, sangat memengaruhi roda pemerintahan. Terutama dalam melaksanakan pembangunan dari pesisir dan pedalaman, baik pemerataan pembangunan infrastruktur dan ekonoi,” pungkasnya. */JUN/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: